Yuk Ketahui Apa yang Harus Dilakukan Jika Terdampar di Gurun Pasir

Apa yang harus dilakukan jika terdampar di gurun untuk mengurangi resiko dan meningkatkan peluang ditemukan? Cari tahu jawabannya di sini!

Apa yang harus dilakukan jika terdampar di gurun? Bagi beberapa orang, pengalaman ini akan sangat mengerikan, terutama jika tidak ada perbekalan yang cukup. Ditambah lagi, risiko dehidrasi juga meningkat karena medan yang luas dan seolah tak bertepi.

Faktanya, sda beberapa hal yang harus dilakukan jika terdampar di gurun untuk mengurangi risiko dan meningkatkan peluang untuk ditemukan atau menemukan cara keluar dari gurun. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Tetap Tenang dan Fokus

Ini mungkin merupakan situasi yang menegangkan, tetapi penting untuk tidak panik dan tetap fokus untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelamatkan diri sendiri.

yang Harus Dilakukan Jika Terdampar di Gurun (via Jawaban)

2. Cari Tempat yang Aman

Langkah berikutnya jika kamu terdampar di gurun adalah mencari tempat yang aman dan terlindungi dari ancaman cuaca ekstrim, seperti sinar matahari yang terik atau hujan. Carilah tempat yang menyediakan perlindungan dari angin dan hujan, seperti pohon atau batu besar.

yang Harus Dilakukan Jika Terdampar di Gurun (via GoTravelly)

3. Selidiki Sekitar

Selanjutnya, cobalah untuk mengetahui di mana kamu berada dengan mengamati sekitarmu dan mencari tanda-tanda yang dapat memberikan petunjuk tentang lokasi tepatmu berada. Lalu, carilah sumber air seperti sungai atau sumber mata air yang dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhanmu.

yang Harus Dilakukan Jika Terdampar di Gurun (via Dictio Community)

4. Buat tanda yang dapat dilihat dari udara

Jika kamu terdampar di gurun dan tidak tahu bagaimana cara keluar dari sana, cobalah untuk membuat tanda yang dapat dilihat dari udara, seperti menggali tanah membentuk huruf atau simbol atau membuat tanda dengan batu atau ranting pohon.

yang Harus Dilakukan Jika Terdampar di Gurun (via Kalam Sindo)

5. Manfaatkan barang-barang yang kamu miliki

Jika kamu membawa barang-barang seperti handuk, kain, atau kantung plastik, gunakanlah untuk membuat tanda atau mengubahnya menjadi tempat tidur yang nyaman. Jika kamu membawa alat seperti pisau atau obor, gunakanlah untuk membuat api yang dapat membantu tetap hangat saat malam dan memberikan tanda kepada orang lain bahwa kamu ada di sana.

yang Harus Dilakukan Jika Terdampar di Gurun (via GridOto)

6. Berdoa

Dari semua langkah yang sudah dijelaskan di atas, hal terpenting adalah berdoa. Jika kamu merasa tertekan atau tidak tahu harus berbuat apa, cobalah untuk berdoa atau bermeditasi untuk menenangkan pikiran dan menemukan kekuatan untuk menghadapi situasi yang sulit.

 

Itulah apa yang harus dilakukan jika terdampar di gurun pasir. Jika kamu belum pernah mendapat pelatihan bertahan hidup, tentunya tidak akan mudah untuk bertahan saat terdampar di gurun pasir. Namun, melakukan hal-hal di atas dapat meningkatkan kemungkinan kamu ditemukan oleh tim SAR dan bertahan sampai mendapatkan pertolongan.

yang Harus Dilakukan Jika Terdampar di Gurun (via Superlive)