Daftar 5 HP yang Diakui Punya Kamera Terbaik di Tahun 2022

Daftar 5 HP yang Diakui Punya Kamera Terbaik di Tahun 2022

Ada banyak faktor seseorang ketika hendak membeli handphone, salah satunya ada kamera. Saat ini, kita tahu kalau sudah banyak sekali berbagai merk handphone yang punya kualitas kamera bagus. Bahkan, beberapa di antaranya punya kualitas yang tidak kalah saing dengan kamera profesional.

 

Nah, dari sekian banyaknya ponsel yang di rilis tahun ini, berikut ada 5 daftar handphone yang diakui memiliki kamera terbaik sepanjang tahun 2022.

 

1. iPhone 14 Pro

 

Sebenarnya, hampir setiap seri iPhone memiliki kualitas kamera yang unggul. Namun untuk seri iPhon 14 Pro ini, Apple menyematkan kamera 48 MP untuk pertama kalinya, setelah sebelumnya hanya menyematkan 12 MP sejak seri iPhone 6S.

 

Ukuran sensor kamera pada iPhone 14 Pro ini juga meningkat 65% lebih besar. Itu artinya, cahaya yang akan masuk bakal lebih banyak sehingga memudahkan proses pemotretan di situasi yang minim cahaya.

 

Kecanggihan kamera di ponsel ini berkat dukungan teknologi Photonic Engine, yang merupakan terusan dari teknologi  Deep Fusion dan mengandalkan CPU, GPU, prosesor gambar, dan akselerator AI.

 

Photogenic Engine bisa menggabungkan beberapa foto pada setiap gambar yang dihasilkan agar kualitas dari detail maupun teksturnya lebih baik.

5 daftar handphone yang punya kamera terbaik tahun 2022 (kompas)

2. Samsung Galaxy S22 Ultra

 

Berikutnya ada Samsung Galaxy S22 Ultra yang dibekali dengan kamera utama 108 MP, ensa ultra wide 12 MP, telephoto 10 MP dengan optical zoom 3x, dan kamera periskop 10 MP dengan optical zoom 10x.

 

Persis dengan pendahulunya, ponsel ini juga punya fitur space zoom hingga 100x yang bisa membuat objek menjadi lebih dekat. Kameranya juga dilengkapi sensor ISOCELL HM3 dengan ukuran pixel 2,4 µm, terbesar yang pernah ada di ponsel Samsung.

 

Ada pula fitur baru yakni Nightography yang memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan kejernihan tinggi, baik pada siang atau malam hari.

5 daftar handphone yang punya kamera terbaik tahun 2022 (kompas)

3. Vivo X80 Pro

 

Kamera pada ponsel Vivo X80 Pro juga punya senjata rahasia berupa chip V1+ yang berfungsi sebagai  image signal processor (ISP) atau prosesor pengolah gambar yang ada di chipset utamanya.

 

Chip ini bisa menghasilkan noise reduction alias mengurangi noise. Kemudian teknologi HDR yang ditingkatkan dan bisa menyesuaikan cahaya yang ada di sekitar objek.

 

Vivo X80 Pro sendiri mengusung empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor Samsung GNV, kamera ultra wide 48 MP, kamera portrait 12 MP, dan periskop 8 MP dengan optical zoom 5x.

 

5 daftar handphone yang punya kamera terbaik tahun 2022 (detik inet)

4. Oppo Find X5 Pro

 

Ada pula Oppo Finx X5 Pro yang bekerja sama dengan brand kamera Hasselblad. Hasilnya, ponsel ini punya chip khusus dalam memproses gambar yang disebut MariSilicon X

 

Chip ini mampu membuat foto dan video menjadi berkualitas meski dalam situasi yang minim cahaya.

5 daftar handphone yang punya kamera terbaik tahun 2022 (suara)

5. Xiaomi 12 Pro

 

Terakhir ada Xiaomi 12 Pro yang memiliki kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX707, kamera ultra wide 50 MP dengan sensor JN1, dan kamera telephoto 5 MP dengan optical zoom 2x.

 

Selain itu, Xiaomi juga menyematkan software dengan teknologi Cyber Focus sehingga mampu mengidentifikasi mata manusia maupun hewan dengan akurat.

 

Ponsel ini juga punya sistem Image Brain yang akan memproses gambar lebih cepat, meskipun objek tersebut bergerak cepat. Selain itu, mode malam di ponsel ini juga lebih baik sehingga bisa menangkap objek di area yang minim cahaya.

5 daftar handphone yang punya kamera terbaik tahun 2022 (suara)