Anti Gagal, Begini Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru dengan Sukses

Bagaimana sih tips mewujudkan resolusi tahun baru yang efektif? Biar akhir tahun nanti tidak gigit jari, yuk simak ulasan berikut ini!

Bagaimana sih tips mewujudkan resolusi tahun baru yang efektif? Faktanya, tahun baru 2023 sudah beberapa hari terlewati. Biasanya banyak orang yang menggunakan momentum ini untuk membuat resolusi tahun baru dengan harapan hidupnya menjadi lebih baik di tahun berikutnya.

Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang gagal mewujudkan resolusi di tahun sebelumnya, karena berbagai sebab. Parahnya, ada sebagian orang yang memilih melupakan resolusi yang sudah dibuat, karena tidak ingin direpotkan dengan resolusi tersebut. Wah, bukannya makin sukses malah jadi ngenes, ya?

Lantas, bagaimana sih caranya agar sukses mewujudkan resolusi tahun baru, sehingga tidak hanya menjadi bayang semu. Menurut peneliti Harvard, Lisa Lahey, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mewujudkan resolusi tahun baru tanpa gagal. Apa saja? Simak ulasan berikut ini!

1. Mengindentifikasi Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan seseorang untuk mewujudkan semua resolusi tahun barunya adalah dengan mengidentifikasi apa tujuan dia membuat resolusi tersebut. Dengan mengetahui jelas apa tujuan resolusi tersebut, maka dengan sendirinya seseorang tahu harus melakukan apa untuk mencapai resolusi tersebut. Jangan sampai kamu menetapkan resolusi yang sebenarnya enggak penting-penting amat kehidupanmu.

Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru (via ITS)

2. Menghindari Kebiasaan yang Bertentangan dengan Resolusi

Cara selanjutnya untuk mewujudkan resolusi tahun baru adalah dengan menghindari kebiasaan yang bertentangan dengan resolusi yang dimiliki. Dengan begitu, seseorang dapat melihat apa yang menjadi masalah sehingga membuat sebuah resolusi gagal.

Misalnya seseorang memiliki resolusi untuk bisa menurunkan berat badan. Maka tentu dia harus menghindari kebiasaan-kebiasaan yang justru membuat berat badannya naik. Kalau kamu malah rajin makan makanan tidak bergizi, bisa-bisa hasilnya malah bertolak belakang dengan resolusi.

Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru (via Kompasiana)

3. Tulis Resolusi yang Masih Berhubungan

Menurut Lahey, seseorang harus memiliki resolusi yang masih berhubungan antara resolusi satu dengan yang lain. Hal ini akan membuat seseorang tidak perlu mengorbankan salah satu resolusi untuk mewujudkan resolusi yang lain.

Ketika resolusi yang dibuat masih saling berhubungan, maka semua akan terwujud secara bertahap dan bergantian. Sebagai contoh, saat kamu menuliskan resolusi ingin menurunkan berat badan, kamu juga bisa menetapkan target untuk hidup sehat, rajin olahraga, atau hal lain yang saling mendukung.

Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru (via Tempo)

4. Ukur Juga Kemampuanmu


Kebanyakan orang salah kaprah menetapkan resolusi berdasarkan cita-cita. Padahal kedua hal itu jelas berbeda, Guys. Resolusi adalah hal yang ingin kamu capai/targetkan pada waktu tertentu, dan tentunya harus disesuaikan dengan kondisi. Sementara itu, cita-cita bisa berarti harapan jangka panjang, yang pencapaiannya membutuhkan proses.

Intinya, tetapkan resolusi sesuai denga kemampuanmu. Jika keuanganmu belum cukup tidak perlu menetapkan resolusi yang muluk-muluk seperti beli rumah, beli mobil, dan lain-lain. Ada baiknya kamu menimbang dulu semua hal dan potensi yang dimiliki sebelum menetapkan resolusi.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana tips mewujudkan resolusi tahun baru biar nggak gagal melulu. Tapi pastikan resolusi yang kamu buat bermanfaat agar hidup kamu menjadi lebih baik.

Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru (via Glints)