Bukan Abal-abal! 5 Cara Ini Bisa Bantu Menghasilkan Uang Tambahan Dengan Mudah, Berani Coba?

5 Cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya menjadi reseller.

Mungkin ada diantara kamu yang merasa pendapatan bulanannya masih kurang. Sehingga, ingin mencari cara untuk menambah penghasilan. Untuk itu, ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yakni dengan memiliki passive income. 

Punya passive income membuat kamu tidak bergantung dengan satu sumber penghasilan saja. Hal ini penting, jadi ketika kamu kehilangan pekerjaan utama, kamu masih punya sumber-sumber penghasilan tambahan lain yang bisa diandalkan. 

Menariknya, passive income ini juga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Bahkan untuk kamu yang bekerja full-time juga masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Di bawah ini, sudah kami rangkum lima cara mendapat penghasilan tambahan.

1. Reseller atau Dropshipper Online

Di era ini, menjadi reseller atau dropshipper online merupakan salah satu cara mudah untuk menghasilkan passive income. Hal ini seiring dengan pergeseran pola belanja konsumen dari yang awalnya datang langsung ke toko/tempat belanja (belanja offline), kini beralih jadi belanja online melalui berbagai e-commerce, media sosial, dan sebagainya.

Sistem kerja reseller pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu mencari supplier barang dagangan yang terpercaya lalu mempromosikan barang tersebut di akun e-commerce ataupun media sosial. Saat ada yang membeli, kamu bisa order barang tersebut dan nanti supplier yang akan mengirimkan barang pesanan langsung ke alamat pembeli. 

Bisnis dropship bisa jadi salah satu cara mendapatkan pendapatan tambahan tanpa modal yang bisa kamu coba. Jadi reseller dan dropshipper pun cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu, tenaga dan tempat. Bahkan bisa dilakukan lewat ponsel saja. Buat kamu yang sibuk bekerja full-time, tetap bisa melakukannya loh!

Ilustrasi Reseller (Majoo)

2. Affiliate Marketer

Cara kerja affiliate marketer adalah mempromosikan suatu produk dari pihak ketiga di akun media sosial atau platform online lain yang kamu miliki. Jika produk yang kamu tawarkan tersebut laku atau terjual, maka pihak ketiga akan memberikan komisi dari produk yang terjual tersebut. Pekerjaan ini juga terbilang mudah. 

Kamu hanya perlu mendaftarkan diri ke perusahaan atau pihak ketiga yang kamu pilih untuk mendapatkan link khusus promosi produk/jasa dari pihak ketiga. Kemudian, kamu membuat konten menarik dengan produk tersebut. Sama seperti reseller, kelebihan dari bisnis ini adalah mudah dan tidak membutuhkan modal.

Selain itu, pekerjaan ini juga fleksibel karena bisa dilakukan di waktu dan tempat yang diinginkan, termasuk di rumah. Meski begitu, perlu usaha dan strategi yang baik agar penghasilan yang didapat bisa semakin besar. Karena besarnya pendapatan yang akan diterima ditentukan oleh komisi dan jumlah penjualan produk dari link yang disebarkan ke pembeli. 

3. Membuat dan Menjual Ebook

Buat kamu yang punya kemampuan atau keahlian dalam bidang penulisan, kamu bisa mencoba untuk mulai membuat buku elektronik atau ebook. Setelahnya, kamu bisa menjualnya secara online, seperti di google books. Selain itu, kamu juga bisa meng-upload cerita yang kamu buat ke berbagai platform menulis seperti wattpad.

Setelah mendapatkan banyak pembaca setia, kamu bisa menyelesaikan cerita tersebut dan merilisnya dalam bentuk e-book. Selain menjualnya melalui e-commerce, kamu juga bisa menggunakan media sosial pribadimu untuk mempromosikan karya kamu sendiri.

Ilustrasi E-Book (TeknosID)

4. Kursus Online

Ada dari kamu yang mungkin memiliki keahlian khusus yang dikuasai misalnya pintar bahasa Inggris, lancar berbahasa Korea ataupun jago copywriting, graphic design hingga public speaking. Kamu bisa loh mendapatkan penghasilan dari keahlianmu dengan membuka kursus online. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu berbagi ilmu yang kamu miliki.

Tidak perlu khawatir dengan banyaknya kursus gratis yang berkeliaran di YouTube. Kamu bisa menonjolkan keunggulan kamu dengan harga yang lebih bersahabat hingga mengemas materi memakai sudut pandang menarik dan mendalam. Disarankan untuk lebih fokus ke sesuatu yang praktikal dibanding teori. 

5. Sewa Kendaraan

Ada dari kamu mungkin yang punya mobil atau motor nganggur di garasi rumah. Ternyata bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan loh! Kamu bisa menyewakan motor atau mobilmu untuk didaftarkan sebagai mitra kendaraan online. Buat syarat dan ketentuan serta tarif sewa yang detail untuk para penyewa yang akan memakai kendaraamu.

Setelahnya, kamu bisa memasarkan jasa sewa kendaraan diplatform online seperti OLX, Jualo, dll. Selain itu, kamu juga bisa memasarkan jasamu lewat orang terdekat. Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati dalam memilih penyewa. Pastikan, kamu membuat kesepakatan detail dan memiliki kekuatan hukum yang kuat. Jadi, kalau masalah yang merugikanmu, kamu punya bukti hukum yang kuat.

Ilustrasi Sewa Motor (Lifepal)