Gak Disangka! Daun Pepaya Yang Mudah Ditemukan Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan, Ini 5 Diantaranya

5 Manfaat daun pepaya untuk kesehatan, mulai dari pencernaan hingga jaga kesehatan kulit.

Pepaya merupakan salah satu buah manis yang memiliki segudang manfaat, terutama untuk saluran pencernaan. Tapi bukan hanya bagian buahnya saja, daun pepaya juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Meski rasanya pahit, daun pepaya yang mudah ditemui ini kerap digunakan sebagai obat tradisional. 

Tulang daun pepaya mengandung getah yang menambah rasa pahit. Maka dari itu, usahakan untuk tidak meremasnya terlalu kuat. Sementara itu, cara mengonsumsi daun pepaya pun beragam, kamu bisa mengolahnya menjadi tumisan ataupun jus. Lantas apa saja manfaat daun pepaya? Scroll artikel ini yuk buat penjelasannya lebih lanjut. 

1. Fungsi Pencernaan

Bagian daun pepaya ternyata mengandung banyak serat, nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan sama seperti buahnya. Daun pepaya juga punya senyawa unik bernama papain yang mampu memecah protein besar menjadi protein dan asam amino lebih kecil sehingga lebih mudah dicerna. Senyawa ini juga dipercaya mampu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan mulas pada orang dengan sindrom iritasi usus (IBS).

2. Kontrol Gula Darah

Masyarakat Meksiko menggunakan bahan daun pepaya sebagai terapi alami untuk mengontrol gula darah. Peneliti pun membuktikan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki antioksidan kuat dan efek penurun gula darah. Hal ini dikaitkan dengan kemampuan daun pepaya untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kematian dini.

Ilustrasi Daun Pepaya 1 (Pikiran Rakyat)

3. Meningkatkan Trombosit

Daun pepaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk meningkatkan trombosit, terlebih untuk penderita penyakit demam berdarah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi di 2016, yang menemukan bahwa ekstrak daun pepaya mampu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah tanpa efek samping.

4. Beri Efek Anti-Inflamasi

Daun pepaya juga punya manfaat efek antiinflamasi atau anti-peradangan. Hal ini karena daun pepaya juga memiliki kandungan berbagai nutrisi dan senyawa anti-peradangan, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E.

Ilustrasi Daun Pepaya 2 (Kangjo.net)

5. Jaga Kesehatan Kulit

Rutin konsumsi daun pepaya ternyata juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kulit tetap lembut, bersih, dan tampak awet muda. Pasalnya, enzim papain yang terkandung di dalamnya punya peran sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Selain itu, enzim di daun pepaya juga bisa mempercepat penyembuhan luka, termasuk meminimalkan jaringan parut pada kulit.