Jarang Disadari, Ternyata Ini Lho 4 Kebiasaan yang Bikin Boros

Banyak orang yang masih melakukan kebiasaan yang bikin boros dan membuat masalah finansial tidak kunjung usai. Apa saja?

Setiap orang tentu ingin bebas permasalahan finansial yang sukses bikin pusing. Karena itulah, mereka bekerja siang-malam untuk mencapai keinginan tersebut. Sayangnya, banyak orang masih melakukan kebiasaan yang bikin boros dan membuat masalah finansial tidak kunjung usai.

Bagi mereka yang masih lajang, mungkin kebiasaan ini tidak akan begitu berpengaruh pada kehidupan finansialnya. Namun bagi mereka yang sudah berumah tangga, wah kebiasaan yang boros bisa bikin keuangan boncos. Lantas, apa saja sih kebiasaan yang bikin boros dan wajib banget untuk dihindari? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya.

1. Sering Makan di Luar

Makan di luar atau memesan makanan online memang mudah dan enak, tinggal pesan kemudian kamu hanya menunggu dan langsung makan ketika makanan datang. Namun, nyatanya kebiasaan ini bikin boros lho kalau terlalu sering dilakukan. Jadi dari pada boncos, lebih baik kamu masak sendiri dan membawa bekal dari rumah untuk dibawa ke kantor. Lebih hemat dan higienis kan?

Kebiasaan yang Bikin Boros (via Beautynesia)

2. Membeli Barang Secara Impulsif

Membeli barang secara impulsif artinya kamu membeli barang yang tidak benar-benar kamu butuhkan. Kamu hanya merasa sayang jika harus melewatkan diskon yang ada. Jadi kamu membeli barang tersebut dengan anggapan 'siapa tahu suatu saat akan terpakai'.

Kebiasaan yang Bikin Boros (via IDN Times)

3. Berbelanja Tanpa Rencana

Kebiasaan ini wajib dihindari ya. Karena berbelanja tanpa rencana akan membuat kamu mudal lapar mata saat berada di swalayan atau pasar. Jadi Lebih baik tulis daftar belanja terlebih dahulu, agar kamu benar-benar tahu apa yang harus kamu beli.

Kebiasaan yang Bikin Boros (via Portal Sulut)

4. Sering Transfer Antar Bank

Semua pasti tahu kalau mentransfer uang dengan bank yang berbeda maka akan dikenakan biaya admin tambahan. Kalau sekali atau dua kali mungkin tidak akan terasa.

Tapi kalau kamu adalah orang yang sering transfer, lama-lama tabungan kamu akan banyak terpotong biaya admin transfer antar bank. Jadi jangan malas untuk menggunakan aplikasi yang memudahkan kamu transfer uang antar bank tanpa dikenakan biaya admin.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan yang bikin boros. Terlihat sepele sih, tapi kalau terus-menerus dilakukan maka akan berdampak buruk pada finansial kamu.

 

Kebiasaan yang Bikin Boros (via Finansialku)