Suka Gowes? Ini Nih 5 Kota Paling Banyak Sepeda di Dunia

Kota paling banyak sepeda di dunia ini cocok banget dikunjungi para pecinta gowes karena mendukung lingkungan bebas asap dan polusi udara. Yuk simak daftarnya!

Kota paling banyak sepeda di dunia ini cocok banget dikunjungi para pecinta gowes. Pasalnya, kota-kota ini mendukung lingkungan bebas asap kendaraan yang menjadi andil polusi udara. Bahkan bersepeda sambil berkeliling kota sudah menjadi paket wisata yang diminati lho.

Kalau selama ini kamu merasa kesulitan bersepeda karena masih harus berhadapan dengan jalanan macet hingga jalan yang tak ramah untuk pesepeda. Coba deh kunjungi kota-kota berikut ini, dijamin kamu bisa bersepeda dengan leluasa. Lantas, kota mana saja sih di dunia yang ramah sepeda? Coba cek info lengkapnya berikut ini ya.

1. Utrecht, Belanda

Kota pertama adalah Utrecht di Belanda. Kota ini memiliki infrastruktur kelas dunia untuk pesepeda. Lebih dari separuh penduduk Utrecht selalu menggunakan sepeda dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Utrecht memiliki tempat parkir sepeda terbesar di dunia, dengan kapasitas 12.656 sepeda, termasuk 480 ruang parkir untuk sepeda jenis lain yang lebih besar.

Kota Paling Banyak Sepeda di Dunia (via IDN Times)

2. Munster, Jerman

Munster berada di bagian utara Jerman dan memiliki julukan kota sepeda. Julukan tersebut ada tentu bukan tanpa sebab, tapi karena penduduk di sana mengandalkan sepeda sebagai alat transportasi mereka. Jadi nggak heran kalau terdapat banyak jalur sepeda dan penunjuk arah di kota ini. Bahkan Munster memiliki Promenade, yakni jalan lingkar sepeda satu-satunya di Eropa.

Kota Paling Banyak Sepeda di Dunia (via Depositphotos)

3. Copenhagen, Denmark

Kota yang paling banyak sepeda di dunia yang terakhir ada Copenhagen di Denmark. Ada sekitar 62 persen warga Copenhagen lebih memilih untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ketimbang kendaraan bermotor. Bahkan Copenhagen memiliki ratusan tempat persewaan sepeda yang bisa diakses penduduk lokal dan wisatawan asing.

Kota Paling Banyak Sepeda di Dunia (via Greeners)

4. Antwerp, Belgia

Bersepeda adalah salah satu kegiatan favorit warga kota ini. Para pengendaranya juga terbilang sangat disiplin saat menggowes sehingga kamu bisa melakukannya dengan nyaman bersama orang lain. 95% warga menggunakan sepeda gowes dalam keseharian dan menjalakannya dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam. Enggak ada yang ngebut!

Kota Paling Banyak Sepeda di Dunia (via Kumparan)

5. Malmo, Swedia

Bersepeda telah menjadi budaya di kalangan warga Malmo, Swedia, sejak tahun 2015. Untuk menfasilitasi penduduk, di kota ini juga terdapat Cykelhuset atau Bicycle House, yaitu perumahan yang menjadi pusat sepeda gowes. Kendaraan gowes di kota ini menjadi alternatif yang menggantikan mobil dan kendaraan bermotor lainnya.

Nah, itu tadi tiga kota paling banyak sepeda di dunia. Jadi kalau kamu ingin bebas bersepeda tanpa takut terganggu, kamu boleh sesekali menjadwalkan traveling ke negara-negara tersebut dan rasakan sensasi bersepeda yang berbeda.

Kota Paling Banyak Sepeda di Dunia (via Kumparan)