5 Tanda Orang Baik Hati, Kamu Termasuk Nggak?

Tanda orang baik hati tidak hanya bisa dilihat dari tutur kata dan sikapnya. Yuk simak tanda-tanda berikut ini!

Tanda orang baik hati tidak hanya bisa dilihat dari tutur kata dan sikapnya. Namun ada tanda-tanda lain yang bisa menunjukkan bahwa seseorang adalah orang baik. Kebaikan merupakan bentuk ekspresi diri dan tindakan berupa cinta kasih, kepedulian, dan kemurahan hati yang ada secara alami tanpa dibuat-buat.

Meski demikian, harus diakui bahwa di dunia ini memang tidak ada manusia yang terlahir sempurna, bahkan orang yang paling baik sekalipun pasti memiliki kekurangan. Lantas, seperti apa tanda-tanda orang baik hati? Simak ulasan berikut ini!

1. Tidak Suka Menyinggung Orang Lain


Orang yang memiliki hati yang baik, maka dia akan selalu berusaha untuk menjaga orang lain. Mereka selalu berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak, bahkan sangat ingin bercanda. Mereka selalu menjaga jangan sampai ada yang tersakiti oleh ucapannya. Kalaupun ada kesalahan yang tidak disengaja diperbuat, dia akan berusaha keras untuk menebus atau setidaknya meminta maaf.

Tanda Orang Baik Hati (via Bola)

2. Tidak Menyimpan Dendam

Orang baik hati tidak pernah menyimpan dendam. Mereka selalu dengan mudah memaafkan orang lain. Hal-hal yang mereka ingat adalah kebaikan orang lain bukan keburukannya. Lagipula, mereka sangat menyadari bahwa menyimpan dendam hanya akan merusak diri sendiri.

Tanda Orang Baik Hati (via Strategi dan Tips Pengembangan Diri)

3. Tidak Iri dengan Kebahagiaan Orang Lain

Orang yang baik hati akan ikut merasa senang ketika melihat orang lain bahagia. Dan sebalikan, mereka akan merasa sedih ketika orang lain menderita. Karena memiliki sifat yang demikian, maka orang-orang baik akan terhindar dari rasa iri dengki. Bagi orang yang memiliki hati bersih, sikap iri hanyalah sebuah ganjalan menuju sukses dan akan membuat mereka cepat terpuruk.

Tanda Orang Baik Hati (via SehatQ)

4. Tidak Egois

Tanda-tanda orang baik hati selanjutnya adalah dia tidak pernah bersikap egois, apalagi sampai mengorbankan kepentingan orang lain demi kebahagiaannya. Bagi mereka, orang lain juga berhak bahagia, sehingga mereka mau menekan ego. Bahagia di atas penderitaan orang lain dianggap sebagai hal yang membuat tidak tenang dan gelisah.

Tanda Orang Baik Hati (via KapanLagi)

5. Selalu Bersikap Sopan

Sopan santun adalah dasar dalam beretika yang harus dibiasakan sejak kecil. Kalau kamu menerapkan sopan santu di atas segalanya, itu berarti kamu adalah orang baik. Hal yang paling dasar saja, misalnya mengucapkan tolong ketika meminta, mengatakan maaf ketika berbuat salah, dan mengucapkan terima kasih setelah meminta pertolongan.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja tanda-tanda orang baik hati. Dengan memiliki hati yang bersih, maka kita akan lebih tenang melangkah dan tak terbelenggu dengan penyakit hati. Kira-kira kamu termasuk orang yang demikian nggak?

Tanda Orang Baik Hati (via KapanLagi)