6 Makanan Khas Daerah Yang Punya Nama Unik Dan 'Jorok' Karena Singgung Alat Kelamin, Bikin Pikiran Ngeres

6 Makanan khas daerah yang memiliki nama cenderung jorok karena singgung alat kelamin salah satunya, memek.

Makanan khas daerah di Indonesia begitu beragam. Namun ada beberapa diantaranya yang punya nama unik, bahkan terkesan jorok dan membuat otak berpikiran macam-macam. Bagaimana tidak, nama-nama tersebut menyinggung tentang alat kelamin. 

Mulai dari bentuknya bahkan sampai rambut yang tumbuh di sekitarnya. Meski begitu, ada alasan tersendiri di balik penamaan yang cenderung aneh dan tidak biasa itu. Berikut sudah dirangkum 6 makanan khas daerah dengan nama unik dan jorok. Simak yuk!

1. Memek

Makanan khas dari Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh ini sempat viral di media sosial karena namanya yang kerap diartikan sebagai alat kelamin wanita. Makanan memek yang teksturnya mirip bubur ini terbuat dari ketan, pisang, santan dan beberapa bumbu lainnya. Kulineh khas Aceh ini memiliki rasa yang manis. Memek sering dijumpai sebagai menu takjil saat Ramadhan.

Makanan Dengan Nama Unik - Memek (IDN Times)

2. Peli Kipu

Di dalam bahasa Jawa, peli diartikan sebagai alat kelamin laki-laki. Sementara kipu dapat dikatakan sebagai kondisi yang kotor. Makanan khas Solo yang merupakan kue kering manis dan legit ini sekarang lebih dikenal dengan nama mancho. 

Seperti namanya, mungkin orang melihat kuliner ini bentuknya mirip sebagai alat kelamin. Peli kipu sendiri dibuat dari tepung yang diolah menjadi kue kering lalu ditaburi wijen. Sekilas, makanan khas ini mirip onde-onde, hanya saja dibuat memanjang dan kering.

Makanan Dengan Nama Unik - Peli Kipu (Detikcom)

3. Kontol Pesok

Jajanan kontol pesok ini berasal dari Brebes. Makanan itu adalah roti manis yang dibentuk segi empat atau lonjong tebal lalu digoreng kering. Kelamin pria disematkan pada jajanan ini karena bentuknya yang lonjong. Tekstur jajanan ini lembut dan mudah peyot atau pesok bila ditekan dengan jari. Karenanya, orang dulu menamai jajanan ini kontol pesok. Di daerah lain, kue ini dinamakan odading, bolang-baling atau ada juga yang menyebut kue bantal.

Makanan Dengan Nama Unik - Kontol Pesok (Infobaik.id)

4. Kontol Kejepit

Makanan khas kontol kejepit atau tolpit merupakan penganan khas Kabupaten Bantul, DIY. Konon, nama tolpit muncul dari cara pembuatannya. Orang zaman dahulu sengaja membentuk tolpit sedemikian rupa untuk menarik perhatian pembeli. 

Makanan ini terbuat dari adonan tepung cair (encer) yang rasanya manis legit, lalu digoreng. Saat proses penggorengan, tolpit ini mengembang, kemudian dijepit menggunakan sumpit. Meski begitu, sekarang tolpit juga dikenal dengan nama kue adrem. 

Makanan Dengan Nama Unik - Kontol Kejepit (Detikcom)

5. Kupat Jembut

Nama makanan ini mungkin mengejutkan buat yang belum pernah mendengarnya. Kuliner kupat jembut ini merupakan salah satu makanan khas Kota Semarang dan hanya dibuat saat tradisi Syawalan. Nama tersebut ternyata disematkan karena ada taoge yang keluar dari ketupat dan menyerupai rambut kemaluan. 

Sehingga warga membuat plesetan dengan sebutan kupat jembut. Beberapa wilayah di Semarang yang masih melestarikan berbagi kupat jembut saat tradisi Syawalan di antaranya Jaten, Genuksari serta Pedurungan Tengah.

Makanan Dengan Nama Unik - Kupat Jembut (IDN Times)

6. Jembut Kecabut

Berbeda dari yang lainnya, kuliner dengan nama yang sungguh jorok ini berupa minuman menyegarkan. Minuman ini cukup dikenal di Purworejo, Jawa Tengah. Jembut kecabut adalah sebutan untuk es dawet hitam yang berada di kawasan Butuh. 

Letaknya berada di sebelah timur jembatan Butuh. Lokasi inilah yang membuat es dawet hitam ini mendapatkan sebutan unik tersebut. Masyarakat mengenalnya dengan es dawet Jembatan Butuh (Jembut) Kecamatan Butuh (Kecabut). Jadi bukan berkaitan sama alat kelamin ya!

Makanan Dengan Nama Unik - Jembut Kecabut (Pikiran Rakyat)