6 Cara Mengolah Cumi Anti Alot, Beda Treatment dengan Seafood Lain Lho!

Penggemar seafood wajib tahu cara mengolah cumi anti alot berikut ini karena caranya berbeda dengan makanan laut lainnya. Yuk simak ulasannya!

Pernah mengolah cumi sendiri namun ternyata setelah matang dagingnya malah alot? Teknik mengolah cumi-cumi tidak sama dengan seafood lainnya. Agar empuk dan kenyal, kamu tidak boleh memasak cumi-cumi terlalu lama. Lantas seperti apa cara mengolah cumi anti alot? Berikut ulasannya.

 

1. Rendam dengan Susu

Sama seperti menu daging seafood lainnya, cumi-cumi juga memiliki aroma amis yang perlu dibersihkan. Kamu bisa memberi perasan air jeruk agar bau amisnya hilang. Selain perasan air jeruk, kamu juga bisa merendam cumi-cumi dalam susu tawar. Susu tawar bisa menghilangkan amis sekaligus membuat cumi-cumi empuk dan kenyal.

Mengolah Cumi Anti Alot (via Sajian Sedap)

2.Durasi Masak Sebentar atau Sekalian Lama

Cara mengolah cumi agar tidak alot adalah dengan memasaknya tidak terlalu lama. Cumi-cumi sebaiknya dimasak dengan panas tinggi dan cepat atau panas rendah dan lambat. Kamu hanya perlu memasak cumi selama 3 menit dengan api besar. Kalau lebih dari itu, butuh waktu cukup lama untuk membuat cumi-cumi empuk lagi, kira-kira 30-60 menit. 

Mengolah Cumi Anti Alot (via Kompas)

3. Dengan Cara Direbus

Kalau ingin memarinasi cumi-cumi, kamu bisa melakukan teknik blanching. Caranya adalah dengan merebus cumi-cumi bersih dalam air mendidih selama 1 menit. Kemudian, langsung masukkan ke dalam air es agar proses pematangan cumi-cumi berhenti. Setelah itu baru marinasi cumi-cumi dalam bumbu favorit kamu.

Jika ingin memasak cumi-cumi sebagai makanan berkuah, kamu perlu mematangkan masakan berkuah dulu, lalu jika sudah mendidih dan matang baru masukkan cumi-cumi 1-3 menit sebelum diangkat. Setelah itu, sajikan segera.

4. Dengan Cara Dibakar

Cara masak cumi-cumi yang paling mudah adalah dengan cara dibakar. Caranya, bersihkan cumi-cumi dan biarkan bentuknya utuh tanpa dipotong dipotong. Bumbui cumi dengan garam, merica, atau saus favorit kamu. Kemudian, panggang di atas wajan teflon maupun panggangan selama 2-3 menit.

Mengolah Cumi Anti Alot (via Detikcom)

5. Dengan Metode Slow-Cooked

Selain cara cara mengolah cumi yang cepat, kamu juga bisa memasak cumi dengan metode slow cooked hingga bumbu meresap ke cumi-cumi. Caranya, campur cumi-cumi dan bahan lain ke dalam bumbu masakan, kemudian masak perlahan selama lebih dari 30 menit hingga 60menit sampai cumi-cumi empuk.

Mengolah Cumi Anti Alot (via Popmama)

6. Dengan Cara Digoreng

Sama seperti beberapa cara yang lain, menggoreng cumi-cumi juga tidak boleh terlalu lama. Menggoreng cumi hanya perlu waktu 2-3 menit, atau maksimal 5 menit hingga coklat keemasan lalu segera angkat.

Nah itu dia beberapa cara mengolah cumi anti alot yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan cara tersebut, dijamin hidangan seafood favoritmu bakal lebih lezat dan mudah dikunyah. Selamat mencoba.

 

Mengolah Cumi Anti Alot (via Dapur KOBE)