Bukan Cuma Soal Fashion, Tapi Ternyata Ada Manfaat Kacamata Hitam di Bandara

Belum banyak yang mengetahui manfaat kacamata hitam di Bandara. Daripada penasara, yuk simak ulasan berikut ini!

Tahukah kamu manfaat kacamata hitam di bandara? Faktanya, kamu pasti sering melihat orang memakai kacamata hitam saat baru saja turun atau akan naik pesawat. Perlu diketahui bahwa sebenarnya hal ini tidak hanya berhubungan dengan fashion, tapi juga tentang perlindungan diri.

Penasaran kan tentang apa manfaat memakai kacamata hitam di bandara. Kalau kamu ingin tahu, melansir Health Digest, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapat. Simak baik-baik ya, dan jangan lupa menerapkannya nanti, ya!

 

1. Untuk Melindungi Mata dengan Zona Waktu Baru

Sebuah penelitian mengatakan bahwa pola baru terang dan gelap yang terjadi saat berpindah zona waktu ketika bepergian bisa membuat kebingungan pada manusia, tentang kapan waktunya tidur atau bangun.

Untuk itu, kacamata sangat bermanfaat untuk melindungi mata yang sedang menyesuaikan diri dengan zona waktu baru. Tidak selalu perjalanan jauh, bahkan ketika kamu hanya bepergian dari Surabaya ke Bali, umumnya banyak orang kebingungan karena zona waktu yang berubah.

Manfaat Kacamata Hitam di Bandara (via Sindonews Lifestyle)

2. Melindungi Mata dari Sinar Ultraviolet

Manfaat memakai kacamata hitam yang kedua adalah untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet. Pasalnya ketika pesawat yang kamu naiki sudah mulai lepas landas, maka pesawat akan melewati awan dan sinar matahari yang menembus kaca jendela pesawat, dan hal ini bisa mengancam indra penglihatan dan kulit.

Maka dari itu, kacamata hitam bertugas untuk melindungi mata kamu jadi sinar UV. Bahkan ketika kamu berada di dalam pesawat sekalipun, sinar UV dapat menyerang bagian mata kamu. Jika terlalu sering terjadi, bagian ini bisa mengalami kerusakan atau setidaknya mengganggu penglihatan secara temporer.

Seorang pilot pun selalu memakai kacamata hitam saat mengendalikan pesawat, mengingat posisi pilot berada di depan pesawat yang langsung menghadap ke sinar matahari yang bisa mengganggu penglihatan. Yah, pada dasarnya fungsinya sama dengan saat kamu sedang berada di pantai atau tempat terbuka.

Manfaat Kacamata Hitam di Bandara (via Liputan6)

3. Mencegah Jetlag

Manfaat memakai kacamata hitam di bandara yang terakhir adalah untuk mencegah jetlag. Pasalnya saat jetlag, tubuhmu berada dalam kondisi yang sangat lelah setelah penerbangan.

Karena itu, kacamata hitam dapat menjaga mata saat sedang terbang dan membantu kamu lebih lelap tidur saat penerbangan. Jadi ketika sampai di tempat tujuan, tubuh kamu tidak merasa kelelahan yang berlebihan.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat kacamata hitam di bandara. Jadi memakai kacamata hitam saat di bandara enggak cuma buat gaya-gayaan, ya. Demi keamanan, yuk biasakan mengenakan kacamata hitam di bandara!


 

Manfaat Kacamata Hitam di Bandara (via Pinterest)