Jadi Ide Bisnis dari Kain Sisa, 4 Produk Ini Bisa Dibuat untuk Meraup Cuan

Ide bisnis dari kain sisa berikut ini bisa kamu tiru untuk menambah keuanganmu dan juga mengasah kreativitasmu. Yuk simak ulasannya!

Pernahkah kamu memikirkan ide bisnis dari kain sisa? Kain perca yang sering dianggap tidak terpakai ini jika dikreasikan menjadi produk yang baru, bisa memiliki nilai jual lho.

Untuk memulainya, kamu bisa mengumpulkan kain perca dari penjahit atau konveksi sekitar kamu. Biasanya kain perca akan diberikan secara cuma-cuma. Lalu produk bernilai jual apa yang bisa dibuat dari kain perca? Yuk simak beberapa ide bisnis dari kain sisa berikut.


 

1. Bantal Kain Perca

Ide bisnis yang pertama yaitu membuat kreasi bantal dari kain perca. Membuat bantal kursi yang cantik dengan sentuhan kain berwarna-warni tentunya menarik minat pembeli.

Kamu bisa memadukan warna hingga menjadi sebuah gambar seperti ikon super hero ataupun tokoh kartun. Selain itu, tambahkan juga aksesori pelengkap lain seperti renda dan manik-manik. Kamu bebas berkreasi, karena selera pembeli beragam, tentunya kreasimu akan memiliki pasarnya sendiri.

Ide Bisnis dari Kain Sisa (via Dictio Community)

2. Karpet Kain Perca

Ide bisnis selanjutnya adalah membuat karpet dari kain perca tak terpakai. Biasanya karpet hanya identik dengan warna tertentu. Nah, dengan menggunakan kain perca, kamu bisa mengombinasikan motif dan warna yang sesuai.

Namun karena karpet biasanya berukuran besar, kamu memerlukan ketelatenan untuk mengerjakannya. Jangan lupa untuk memberi dimensi ketebalan pada karpet agar nyaman saat digunakan.

Ide Bisnis dari Kain Sisa (via Sipintar)

3. Boneka Kain Perca

Kamu bisa memanfaatkan ide bisnis kerajinan kain perca menjadi mainan boneka cantik. Bentuk boneka yang lucu dengan beragam warna bisa menjadi daya tarik pembeli. Kamu hanya perlu memiliki contoh boneka yang ingin dibuat lalu kembangkan imajinasi dan sesuaikan pembuatan dengan kain perca yang ada.

Agar unik, kamu perlu menambah ciri khas, misalkan saja boneka yang kamu hasilkan semuanya memiliki rambut yang dikepang, dengan begitu akan membuat orang langsung ingat kepada usahamu saat melihatnya.

Ide Bisnis dari Kain Sisa (via Diadona)

4. Selimut Kain Perca

Selain menjadi karpet dan bantal, kerajinan kain perca juga bisa diterapkan dalam membuat selimut. Kamu bisa membuat selimut perca dengan teknik quilting. Quilting sendiri adalah teknik menjahit yang menampakkan bagian jahitan di luar, unik kan? Tapi perlu diingat, untuk menggunakan teknik ini, kamu harus membuat potongan dan jahitan kain perca yang rapi, karena akan jelas terlihat.

Setelah selesai dijahit, agar selimut hangat, kamu bisa menambahkan isian selimut yang banyak dijual di marketplace. Sisipkan di antara lapisan kain perca dan kain bagian belakang. Dan jadi deh, selimut quilting dari kain perca yang siap dipasarkan!

 

Nah itulah tadi beberapa ide bisnis dari kain sisa yang bisa kamu kreasikan menjadi berbagai jenis barang dengan nilai jual tinggi. Ternyata ‘barang sisa’ seperti kain perca juga bisa memiliki nilai jual jika dimanfaatkan dengan tepat. Semoga ide di atas menginspirasi kamu untuk memulai bisnis.

Ide Bisnis dari Kain Sisa (via Lifestyle Okezone)