5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Yang Terbukti Ampuh, Yuk Dicoba!

Bagaimana cara menghilangkan bau mulut agar bisa lebih percaya diri? Yuk simak ulasan lengkapnya!

Cara mengatasi bau mulut memang gampang-gampang susah. Namun jika tidak dilakukan, hal ini bisa mengancam kesehatan. Pasalnya, walaupun bukan suatu penyakit yang serius, kondisi ini sering membuat tidak percaya diri. Namun tenang. Ada kok cara menghilangkan bau mulut yang sederhana namun ampuh dan bisa dilakukan setiap hari. Seperti apa caranya? Berikut ulasannya.

1. Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Cara pertama agar tidak bau mulut adalah menyikat gigi dua kali sehari. Terutama di pagi dan malam hari. Gunakan sikat gigi berkualitas baik yang rutin diganti setiap 6 bulan. Selain itu, pilih pasta gigi yang mengandung antibakteri supaya sisa makanan di gigi dan mulut bersih maksimal.

Cara Menghilangkan Bau Mulut (via Axel Dental)

2. Obat Kumur

Obat kumur dapat membantu menghilangkan bau mulut tidak sedap. American Dental Association merekomendasikan obat kumur jenis terapeutik dengan bahan aktif seperti klorheksidin, minyak esensial, fluor, peroksida, dan cetylpyridinium chloride. Bahan aktif tersebut mampu menghilangkan plak, membasmi jamur serta bakteri penyebab bau mulut. Berkumurlah menggunakan obat kumur setelah sikat gigi dan menggosok lidah.

Cara Menghilangkan Bau Mulut (via Grid Health)

3. Menggosok Lidah

Lidah merupakan bagian dalam mulut yang mudah dipenuhi oleh plak dan bakteri penyebab bau mulut. Sayangnya berkumur saja tidak dapat menghilangkan plak pada lidah. Karena itu kamu bisa membersihkan lidah menggunakan sikat gigi sebagai cara menghilangkan bau mulut. Atau kamu juga menggunakan alat pembersih lidah yang sudah banyak dijual di pasaran. Bersihkan lidah 2 kali sehari setelah menggosok gigi.

Cara Menghilangkan Bau Mulut (via Halodoc)

4. Minum Air Putih

Sering minum air putih ternyata dapat menghilangkan bau mulut. Minum air putih akan merangsang produksi air liur hingga dapat membantu agar mulut tidak kering. Mulut yang kering terlalu lama dapat menimbulkan bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut (via Jovee)

5. Menghindari Makanan Tertentu

Menghindari makanan yang memicu bau mulut bisa menjadi salah satu cara mencegah bau mulut. Makanan yang mengandung bawang-bawangan, makanan pedas, olahan ikan, dan kopi menghasilkan bau yang menjadi pemicu timbulnya bau mulut. 

Menurut American Dental Association, sikat gigi setelah makan makanan mengandung bawang tidak mampu membasmi bau mulut. Karena itu sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan di atas, apalagi jika kamu akan melakukan pertemuan penting.

Nah itulah cara menghilangkan bau mulut yang sebenarnya sederhana dan bisa dilakukan dalam keseharian. Lakukan secara konsisten dan amati perubahan kondisi mulutmu. Namun, jika bau mulut belum juga hilang setelah beberapa minggu, kamu bisa memeriksakannya ke dokter. Bisa jadi ada masalah lain yang menyebabkannya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut (via Lifestyle Kompas)