Sempat Viral, Yuk Kenalan Apa Itu Fan service dan Seperti Apa Bentuknya

Yuk kenalan dengan apa itu fan service yang belakangan ini viral karena apa yang telah dilakukan oleh salah seorang penyanyi Indonesia.

Pernah dengan apa itu fan service? Beberapa waktu lalu sempat viral tentang fan service yang dilakukan seorang penyanyi Indonesia, Pamungkas, yang menggosokkan ponsel milik fans pada alat vitalnya.

Hal ini menjadi sorotan, bahkan Pamungkas pun sempat mendapat hujatan dari netizen. Tindakan ini memang dilakukan sebagai bentuk keintiman atau kedekatan antara fans dan idolanya. Namun sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan fan service? Simak ulasan berikut ini!


 

Apa Itu Fan Service?

Menurut KBBI, fan service adalah bentuk interaksi dari idola kepada pada penggemarnya. Hal ini bisa juga diartikan sebagai perlakukan khusus dari idola dengan tujuan menyenangkan para fansnya yang dia pilih.

Sang idola bisa menciptakan momen khusus dengan berbagai bentuk interaksi yang dapat dirasakan langsung oleh para penggemarnya. Bagi kamu penggemar Kpop, pasti familiar dengan istilah ini. Pasalnya, dalam budaya fan service biasanya paling sering ditemu kandalam lingkungan Kpop baik di acara-acara, seperti konser maupun fanmeet.

Fan Service (via The Korea Times)

Bentuk Fan Service


Setelah mengetahui apa itu fan service, lantas seperti apa sih bentuk-bentuk fan service? Sebenarnya tidak ada aturan yang mengatur seperti apa bentuk fan service dari idola kepada fansnya.

Para idola bisa memberikan fan service berupa memeluk, mengajak fans bernyanyi, menjabat tangan, melambaikan tangan, memberi tanda tangan, atau dengan mengajak fans berfoto selfi. Bahkan ada idola yang memberikan barang miliknya kepada fans.

Fan Service (via IDN Times)

Namun yang perlu diingat adalah semua harus tetap sesuai dengan norma sopan santun yang berlaku. Jangan sampai ada pihak yang merasa dirugikan, baik idola maupun penggemar.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu fan service[1]?Kamu sudah pernah belum mendapatkan fanservice dari idola kamu? Coba deh ceritakan pengelamanmu terkait hal ini!

Apa Itu Fan Service (via Quora)