Mengenal Apa Itu Scabies, Gatal-Gatal Tapi Kok Bisa Menular ke Orang Lain

Mengenal Apa Itu Scabies, Gatal-Gatal Tapi Kok Bisa Menular ke Orang Lain

Scabies adalah kondisi kulit menular yang disebabkan oleh tungau kecil yang masuk ke dalam kulit. Biasa juga disebut dengan kudis

Gejala utama scabies adalah rasa gatal yang semakin parah pada malam hari. Kondisi ini juga menyebabkan ruam kulit di area tempat tungau bersembunyi.

# Mengenal Tungau Penyebab Scabies

Tungau scabies disebut Sarcoptes scabiei. Mereka makan menggunakan mulut dan kaki depannya untuk menggali ke dalam lapisan luar kulit (epidermis), tempat mereka bertelur.

Setelah 3 sampai 4 hari, bayi tungau (larva) menetas dan berpindah ke permukaan kulit, tempat mereka dewasa menjadi dewasa.

Tungau penyebab skabies (liputan6.com)

Scabies menyukai tempat yang hangat, seperti lipatan kulit, sela-sela jari, di bawah kuku, atau di sekitar bokong atau lipatan payudara. Mereka juga bisa bersembunyi di bawah tali jam tangan, gelang atau cincin.

Proses tungau masuk ke kulit dan menyebabkan skabies (everydayhealth.com)

# Proses Scabies Ditularkan ke Orang Lain

Scabies biasanya menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit yang lama dengan orang yang terinfeksi, atau melalui kontak seksual.

Scabies juga mungkin juga ditularkan ke orang lain melalui berbagi pakaian, handuk, dan tempat tidur dengan seseorang yang terinfeksi.

Diperlukan waktu hingga 8 minggu untuk gejala scabies muncul setelah infeksi awal. Ini dikenal sebagai masa inkubasi.

Tangan anak penderita scabies (health.grid.id)

# Cara Mengobati Scabies

Jika kamu merasa menderita scabies, cobalah berobat ke dokter. Meski biasanya scabies bukan kondisi yang serius, tetapi memang perlu diobati.

2 perawatan yang paling banyak digunakan untuk scabies adalah krim permetrin dan losion malathion (nama merek Derbac M). Kedua obat tersebut mengandung insektisida yang membunuh tungau scabies.

Krim permethrin 5% biasanya direkomendasikan sebagai perawatan pertama. Losion Malathion 0,5% digunakan jika permetrin tidak efektif.

Jika pasanganmu telah didiagnosis menderita scabies kelamin, untuk menghindari infeksi ulang sebaiknya kamu mengunjungi klinik kesehatan seksual terdekat agar dapat diperiksa dan bila perlu diobati.

Hindari berhubungan seks dan bentuk lain dari kontak tubuh yang dekat sampai kamu dan pasanganmu telah menyelesaikan seluruh perawatan.

Itu tadi seluk beluk scabies yang mungkin belum kamu tahu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!