4 Tips Pergi Camping Bersama Keluarga, Yuk Pastikan Semua Nyaman dan Terkendali!

Kamu perlu memahami beberapa tips camping berikut ini agar momen bersama keluarga tetap menyenangkan dan tidak berubah menjadi bencana. Yuk simak ulasannya!

Kegiatan outdoor, termasuk camping, adalah salah satu cara menyenangkan untuk family time. Meski demikian, kamu perlu memahami beberapa tips camping agar momen bersama keluarga tetap menyenangkan dan tidak berubah menjadi bencana.

Membaca situasi alam adalah salah satu hal mendasar sebelum memutuskan pergi. Pastikan cuaca sedang cerah agar kamu bisa menikmati setiap aktivitas tanpa gangguan hujan, angin, dan kondisi buruk lainnya. Namun meski cuaca sedang bagus, kamu juga perlu mempersiapkan hal lain untuk mendukung momen camping. Agar lebih jelas, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Gunakan Tenda yang Tepat

Pastikan besar tenda cukup dengan jumlah anggota keluarga yang berangkat camping. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pendukung tenda seperti tiang tenda, alas tenda, patok besi, tali tenda dan matras sebagai alas tidur.

Tips Camping (via Liputan6)

2. Ciptakan Momen Seru saat Makan

Agar aktivitas makan semakin seru, kamu bisa membuat barbeque simpel dengan membawa alat panggang atau grill mini yang kini banyak dijual. Kamu bisa membawa grill pan yang bisa ditaruh di atas kompor atau juga pemanggang portabel isi arang untuk membakar sate atau jagung bakar. Keduanya memiliki bentuk yang ringkas dan mudah dibawa kemanapun.

Lalu jika kamu menyiapkan pemanggang, bawalah jagung dan beragam jenis sosis agar bisa dipanggang beramai-ramai bersama anggota keluarga. Lebih dari sekedar mengenyangkan perut, momen ini juga bisa menjadi cara mendekatkan diri satu sama lain.

Tips Camping (via IDN Times)

3. Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Camping adalah situasi yang berbeda dengan di rumah. Karenanya, kamu perlu memastikan bahwa kenyamanan dan keamanan keluarga tetap terkendali. Jangan lupa bawa alat-alat berikut ini agar semuanya tetap lancar:

Penerangan (senter, headlamp, dan lain-lain)

Obat-obatan

Jas hujan untuk berjaga-jaga di cuaca buruk

Pisau lipat yang multifungsi

Sumber api yang ramah lingkungan

Baju hangat

Perlengkapan tidur yang memadai

Bahan makanan yang praktis dengan jumlah cukup

Tips Camping (via Koropak)

4. Jangan Meninggalkan Sampah

Setelah selesai melakukan kegiatana, kumpulkan sampah atau sisa konsumsimu ke dalam kantung sampah dan cari tempat pembuangan sampah terdekat. Jika tidak dapat menemukan, kamu bisa membawa kantong sampah itu pulang yang membuangnya di rumah. Berikanlah contoh yang baik pada anggota keluarga, agar mereka juga ikut berpartisipasi dalam upaya penyelematan lingkungan. 

Poin-poin di atas mungkin terdengar sepele, sehingga banyak orang mengabaikan. Namun percayalah bahwa tips camping di atas akan sangat penting agar liburan bersama keluarga benar-benar memberikan kesan yang baik. Yuk mulai atur waktu untuk family time!

Tips Camping (via Tokopedia)