Inspirasi Model Kebaya Modern Hijab yang Anggun Tapi Enggak Ribet!

Yuk intip rekomendasi model kebaya modern hijab yang praktis namun anggun berikut ini! Dijamin bikin kamu jadi pusat perhatian.

Beragam model kebaya modern hijab saat ini sudah bertebaran dan bisa menjadi inspirasi untuk diterapkan saat momen penting dan formal. Jenis busana ini memang selalu sukses membuat pemakaianya terlihat anggun dengan pesona khas perempuan Indonesia. Meski demikian, bagi orang-orang yang enggan ribet, penggunaan kebaya kadang memang cukup merepotkan. 

Kebaya tradisional umumnya memang melibatkan banyak printilan yang bakal membuat penggunanya harus menghabiskan waktu lebih lama untuk berpakaian. Belum lagi, model busana dan aksesoris kadang membatasi ruang gerak pengguna, sehingga berjalan dan bergerak pun jadi  tidak leluasa.

Namun untungnya, saat ini sudah banyak desainer yang melakukan modifikasi agar penggunaan kebaya jadi lebih simpel tanpa mengurangi keanggunan. Untuk kamu yang enggan terlalu lama berdandan, yuk simak inspirasi kebaya modern berikut ini! Kamu tetap bisa pusat perhatian!

1. Blouse vs Celana

Apakah kamu tipe perempuan yang enggan mengenakan rok, bahkan saat menghadiri acara resmi. Terutama jika harus melalui perjalanan jauh untuk sampai lokasi, penggunaan rok pastinya sangat tidak nyaman. Tenang, kamu masih bisa tampil menawan dengan paduan blouse dan celana longgar yang didesain mirip dengan kebaya ala Jawa Tengah. 

Seperti pada gambar di atas, blouse dengan hiasan motif etnik sudah cukup menampilkan kesan formal dan anggun pada penggunanya. Desain layering juga membuat busana ini jauh lebih cantik dan sekilas menutupi kesan non-formal dari penggunaan celana.

Model Kebaya Modern Hijab (via Pinterest Rumah Semarang)

2. Dress Simpel

Inspirasi lainnya, kamu juga bisa menggunakan dress yang didesain layaknya kebaya. Mengingat kebaya umumnya terdiri dari atasan dan bawahan, kamu bisa menggunakan desain dress layering, sehingga terkesan kamu sedang mengenakan kebaya panjang yang didesain dengan rok. 

Untuk mempercantik busana sekaligus meningkatkan kesan anggun, hiasan berupa kain brukat juga sangat disarankan. Kamu tinggal memadukannya dengan hijab dengan warna senada kemudian melenggang cantik ke tengah acara.

Model Kebaya Modern Hijab (via Instagram Vina Maulina)

3. Padukan dengan Outer

Faktanya, tidak semua orang punya koleksi kebaya di dalam lemari pakaiannya. Jika jarang menghadiri acara bertema adat, maka menyimpan pakaian tradisional dalam wardrobe dianggap hanya akan membuat sesak. Jika demikian, solusi yang bisa digunakan adalah menggunakan outer.

Outer adalah fashion item yang digunakan setelah pakaian utama, dan umumnya digunakan sebagai pemanis. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan baju pesta biasa, kemudian menggunakan outer berbahan transparan atau terbuat dari kain brokat. Akan lebih menarik jika ada hiasan bertema etnik di permukaannya. 

Model Kebaya Modern Hijab (via Sahijab)

4. Kebaya untuk Hijab Syar’i

Siapa bilang tampil syar’i dalam balutan kebaya adalah hal yang tidak mungkin? Coba deh kamu intip gambar di atas sebagai inspirasi. Untuk memberikan kesan anggun, mewah, dan menawan, kamu bisa mengenakan dress panjang yang dipadukan dengan hijab yang menutupi dada.

Untuk memberikan kesan ‘kebaya’ kamu bisa memilih dress dengan hiasan brukat dan motif etnik di permukaannya. Kain brukat yang transparan akan memberikan kesan anggun dan classy sebagai lapisan dari bahan non-transparan di baliknya. Jangan lupa untuk memadukannya juga dengan aksesoris yang kamu suka.

Jika acaramu benar-benar formal, pertimbangkan juga mengenakan dress dengan desain ball-gown yang bagian bawahnya terlihat mengembang. Namun untuk acara kondangan atau pertemuan semi formal, dress panjang biasa sudah cukup untuk membuatmu jadi pusat perhatian. 

Wah ternyata banyak sekali inspirasi model kebaya modern hijab yang bisa kamu “jiplak” untuk berbagai acara. Pergi ke kondangan atau acara resmi memang tidak harus ribet dan menghabiskan waktu berjam-jam. Dengan busana-busana simpel di atas, kamu juga bisa menjadi pusat perhatian di tengah acara. Yuk cobain untuk acaramu berikutnya!

Model Kebaya Modern Hijab (via Azz Healthy)