Pecinta Kucing Kumpul! Ternyata Ini Lho Fakta Kucing Busok Asal Madura yang Mendunia

Ada beberapa fakta kucing bucok asal Madura yang menarik untuk dikulik. Kenapa ya kucing ini bisa mendunia?

Para pecinta kucing pasti sudah tahu kalau ada kucing ras asli Indonesia yang mendunia, yakni Kucing Busok. Bagi yang belum pernah mendengar namanya, pasti sedikit heran bagaimana seekor kucing bisa mendunia. Pasalnya ada sejumlah fakta kucing Busok asal Madura yang menarik untuk dikulik. 

Kucing Busok memiliki warna abu-abu gelap yang lebih mirip dengan British Shorthair. Dan hewan yang satu ini merupakan sejenis kucing yang berasal dari Pulau Raas, Sumenep, Madura. Kalau kamu penasaran dengan fakta-fakta menarik tentang kucing busok, berikut ini penjelasannya.

1. Fisik Kucing Busok

Kucing Busok memiliki ciri warna gelap, seperti abu-abu, hitam, kecoklatan, dan kebiruan. Bahkan matanya berwarna hijau gelap, dan wajahnya hampir mirip segitiga.

Untuk ekor, kucing busok memiliki ekor berukuran sedang. Dan rata-rata ukuran kucing busok mencapai 60 sentimeter dengan berat 6,8 kilogram yang bisa hidup sekitar 12 hingga 15 tahun.

Fakta Kucing Busok Asal Madura (via Tirto)

2. Sifat Kucing Busok

Kucing busok diketahui memiliki sifat pemarah dan sulit mematuhi perintah. Bahkan tingkah lakunya sedikit kurang ramah dan terkadang sering mencakar. Jadi, kucing ini cenderung pendiam dan mengawasi sekitarnya.

Jika kucing lain sangat mudah beradaptasi dengan manusia, sehingga bisa diajak bermain. Berbeda dengan kucing busok yang cenderung sulit beradaptasi dengan manusia.

Fakta Kucing Busok Asal Madura (via theAsianparent)

3. Dipercaya Membawa Keberuntungan

Konon kucing busok dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi si pemelihara, bahkan bisa mendatangkan rezeki berlimpah. Namun sayangnya, ada yang mengakatakan jika kucing ini dibawa keluar dari Pulau Raas tanpa izin maka akan membawa sial.

Fakta Kucing Busok Asal Madura (via Sinergi Madura)

4. Terjaga Keasliannya

Kucing busok benar-benar dijaga keasliannya di Pulau Raas, Sumenep. Buktinya, jika kucing ini harus dibawa keluar dari Pulau Raas, maka kucing busok harus dikebiri atau disteril agar kemurniaan ras kucing busok tetap asli dan tidak dapat ditemukan di daerah lain.

Nah, itu tadi beberapa fakta kucing busok asal Madura yang mendunia. Sekarang sudah tahu kenapa spesies ini begitu banyak diminati? Kamu tertarik memelihara kucing tersebut?

Fakta Kucing Busok Asal Madura (via Hewanee)