Gambar Posisi Janin Saat Ibu Tidur Miring ke Kiri, Moms Harus Tahu

Berikut gambar posisi janin saat ibu tidur miring ke kiri, itulah kenapa Moms sebaiknya tidur dengan posisi ini.

Banyak dokter menyarankan wanita hamil untuk tidur miring ke kiri. Hal itu lantaran banyak studi sebelumnya mengaitkan tidur miring telentang dan kanan dengan berbagai risiko. Misalnya: kelahiran mati, pertumbuhan janin yang berkurang, berat badan lahir rendah, preeklampsia, gangguan tekanan darah tinggi yang mengancam jiwa yang memengaruhi ibu. 

Para peneliti juga berhipotesis bahwa, dengan posisi tidur telentang dan miring ke kanan, peningkatan berat rahim selama kehamilan dapat menekan aorta (arteri sentral yang mengalirkan darah ke perut bagian atas dan bawah) dan vena cava inferior (vena sentral yang mengembalikan darah dari perut bagian bawah ke hati).

Para penulis studi saat ini mencatat bahwa banyak dari studi sebelumnya ini melibatkan sejumlah kecil wanita. Selain itu, kebanyakan dari wanita yang ditanyai tentang posisi tidur itu memang mengalami lahir mati atau komplikasi lainnya. Hal ini meningkatkan kemungkinan bias ingatan—bahwa wanita yang mengalami komplikasi mungkin secara tidak sengaja terlalu menekankan posisi tidur karena mereka pikir posisi tersebut dapat menyebabkan komplikasi.

# Posisi Tidur Telentang Tidak Terbukti Berbahaya

Padahal sebenarnya tidur telentang atau menyamping selama minggu ke-30 kehamilan tidak meningkatkan risiko kelahiran mati, penurunan ukuran saat lahir, atau gangguan tekanan darah tinggi pada kehamilan. Hal tersebut merupakan hasil analisis Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health dan NIH. and Human Development (NICHD).

Studi ini dilakukan oleh Robert M. Silver, M.D., dari Fakultas Kedokteran Universitas Utah jurusan Obstetri & Ginekologi.

Baca juga: Fakta Kesuburan Laki-Laki dan Perempuan

Temuan ini dapat membantu menghilangkan kekhawatiran—diinformasikan oleh penelitian sebelumnya—bahwa tidur telentang atau miring ke kanan dapat menekan pembuluh darah yang memasok rahim dan berpotensi membahayakan janin atau ibu.

Para peneliti mengingatkan bahwa studi mereka menilai posisi tidur hanya sampai 30 minggu kehamilan dan tidak memberikan informasi apakah tidur telentang atau miring ke kanan pada akhir kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran atau komplikasi kehamilan.

Posisi tidur tengkurap saat hamil (wajibbaca.com)

# Hasil dari Analisis Penelitian Terhadap Sejumlah Ibu Hamil

Peneliti menganalisis data dari Nulliparaous Pregnancy Outcomes Study: Monitoring Mothers-to-Be (nuMom2b), yang berusaha untuk mengidentifikasi faktor risiko komplikasi kehamilan pada ibu yang baru pertama kali melahirkan.

Baca juga: Tips Merencanakan Kehamilan 

Lebih dari 8.700 wanita mengisi kuesioner tentang kebiasaan tidur mereka pada dua momen: antara minggu ke-6 dan ke-13 kehamilan dan antara minggu ke-22 dan ke-29 kehamilan. Mereka ditanya tentang posisi mereka ketika mereka pergi tidur dan ketika mereka bangun: kebanyakan di sisi kiri, kebanyakan di sisi kanan, kedua sisi sama rata, kebanyakan telentang, kebanyakan tengkurap, setengah-setengah samping kanan kiri, tengkurap dan telentang, atau duduk atau disangga.

Tidur menghadap kiri saat hamil (yesdok.com)

Hasil yang merugikan terjadi pada sekitar 1.900 kehamilan, tetapi tidak lebih mungkin terjadi pada wanita yang kebanyakan tidur di sisi kanan atau telentang, dibandingkan dengan mereka yang kebanyakan tidur di sisi kiri atau di posisi lain.

Untuk mengatasi kemungkinan bahwa wanita mungkin tidak mengingat posisi tidur mereka secara akurat, para peneliti melakukan analisis yang lebih kecil terhadap wanita yang tidur dengan alat yang merekam posisi tidur mereka. Di antara lebih dari 400 wanita dalam kelompok ini, mereka yang tidur telentang lebih dari 50 persen dari waktu tidak lebih mungkin memiliki hasil yang merugikan daripada mereka yang tidur telentang kurang dari 50 persen dari waktu.

Posisi janin selama ibu mengandung (haibunda.com)