6 Rekomendasi Makanan Halal Di Bali, Warung Ramah Muslim Murah Mulai Dari Rp12 Ribu

6 Rekomendasi makanan halal di Bali, mulai dari warung nasi pedas bu Andika hingga warung nikmat.

Bali merupakan salah satu destinasi populer di dunia. Dijuluki sebagai The Island of Gods, Bali punya beragam pilihan aktivitas yang bisa dicoba. Selain pemandangan indah dan wisata yang menarik, Bali juga menawarkan beragam kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan.

Akan tetapi, banyak Muslim yang ragu untuk mengonsumsinya mengingat mayoritas masyarakat Bali menganut agama Hindu. Padahal, Bali punya beberapa menu lezat yang sudah dinyatakan halal dan aman untuk disantap umat Muslim. 

Meski begitu, disarankan untuk memperhatikan terlebih dahulu menu dan tempat makan yang dituju untuk memastikan kehalalannya. Buat kamu yang belum punya ide, berikut 6 rekomendasi makanan halal di Bali yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

Nasi Pedas Bu Andika

Nasi Pedas Bu Andika termasuk salah satu kuliner legendaris yang sampai sekarang masih ramai pengunjung terutama para wisatawan yang buka selama buka 24 jam. Warung ini terbilang sederhana seperti yang ada di Jawa, yang menjual makanan dengan berbagai pilihan lauk yang halal. 

Buat kamu yang mampir ke Warung Nasi Pedas Bu Andika, jangan lupa untuk memesan kulit ayam dan sambal setan yang pedasnya luar biasa. Warung ini berada di area Kuta, dekat dengan toko Joger oleh-oleh khas Bali. Harganya pun sangat terjangkau. Untuk seporsi nasi campur, dibanderol mulai dari Rp20 ribu tergantung dengan pilihan lauk yang kamu ambil. 

Warung Nasi Pedas Bu Andika (Kintamani.id)

Warung Nikmat

Hampir sama dengan Nasi Pedas Bu Andika, Warung Nikmat juga menyediakan makanan khas Jawa yang semuanya nikmat. Kamu akan menemukan berbagai pilihan menu sekitar 20 jenis yang dipajang di etalase seperti Sayur Lodeh, Rendang, Empal, Penyetan, Rawon dan lainnya. 

Untuk menikmatinya, kamu hanya tinggal menunjuk kaca etalase untuk memilih menu. Selain makanan, Warung Makan Nikmat juga menawarkan beragam minuman pelepas dahaga, seperti Es Jeruk, Jus Alpukat, Es Soda Gembira, Es Campur, dan Susu Cokelat.

Selain wisatawan lokal, Warung Nikmat juga sering dikunjungi bule-bule karena lokasinya dekat dengan area Kuta dan harganya sangat bersahabat di kantong alias murah. Satu porsi menu di Warung Makan Nikmat dijual mulai dari Rp12 ribu hingga Rp20 ribuan saja.

Warung Nikmat (Kintamani.id)

Warung Nasi Bali Men Weti

Seperti namanya, warung Nasi Bali Men Weti menawarkan nasi campur khas Bali. Tempat makan halal di Bali yang sudah berdiri sejak 1970-an ini menyediakan berbagai macam lauk, seperti pecel, sate lilit, telur balado, ayam goreng hingga ayam suwir. 

Satu porsi nasi bali di warung Nasi Bali Men Weti dibanderol dengan kisaran harga Rp30 ribu per porsi. Buat kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa mengunjungi Warung Nasi Bali Men Weti di Jalan Letda Reta Nomor 52, Dangin Puri Klod, Kecamatan Denpasar Timur, Bali. Warung Nasi Bali Men Weti buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 3 sore.

Warung Nasi Bali Men Weti (Kooliner)

Warung Nasi Ayam Ibu Oki

Selain warung Nasi Bali Men Weti, kamu juga bisa mencoba nasi campur khas Bali dengan lauk beragam di Warung Nasi Ayam Ibu Oki. Lauk yang tersedia di Warung Nasi Ayam Ibu Oki ini diantaranya sate lilit, pecel, ayam sayur sampai telur balado.

Harga untuk seporsi nasi campurnya dibanderol mulai dari Rp15 ribu sampai Rp30 ribuan saja, tergantung lauk yang dipilih. Kamu bisa mengunjungi Warung Nasi Ayam Ibu Oki yang berlokasi di Jalan Siligita, Jalan Raya Nusa Dua Selatan Nomor 27, Badung, Bali. Warung ini buka sampai pukul 9 malam.

Warung Nasi Ayam Ibu Oki (Tripadvisor)

Warung Nasi Tekor

Warung Nasi Tekor yang memiliki ruang makan di rumah tua ini menawarkan nasi tekor dengan beragam lauk. Nasi Tekor atau Nasi Campur tersebut berisi nasi, pecel, sate lilit, kacang, sambal, dan sebagainya. Menariknya, cara penyajiannya menggunakan daun pisang.

Harganya pun terbilang masih terjangkau. Untuk satu porsi nasi tekor komplit dijual mulai dari Rp25 ribu hingga Rp30 ribu. Warung yang berlokasi di Desa Budaya Kertalang, Denpasar Timur, Bali ini buka sampai pukul 16.30 WITA.

Warung Nasi Tekor (Kompas)

Warung Wardani

Satu lagi restoran makanan halal di Bali yang menyajikan beragam nasi campur adalah Warung Wardani. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Yudistira Nomor 2, Denpasar Utara, Bali ini menyediakan aneka nasi campur tidak hanya untuk orang dewasa tapi juga anak-anak.

Beberapa menu yang tersedia di Warung Wardani antara lain Nasi Campur Anak, Nasi Campur Isi Dendeng Balado, Nasi Campur Pisah Komplit, dan Nasi Box. Isinya pun bervariasi berbagai macam mulai dari telur, ayam suwir, sate lilit, sate tusuk, udang, rendang, sayur, dan sambal, tergantung dengan jenis menunya.

Satu porsi nasi campur di Warung Wardani dijual mulai dari Rp30 ribu-Rp60 ribu. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00–16.00 WITA. Jadi tertarik untuk mencoba rekomendasi makanan halal di Bali yang mana nih?

Warung Wardani (Detikcom)