Sudah Hampir di Penghujung 2022, Yuk Intip 5 Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun

Tahun 2022 sudah hampir berlalu, yuk mulai intip tips mempersiapkan libur akhir tahun! Simak ulasan berikut ini hingga akhir dan terapkan sejak sekarang!

Tahun 2022 sudah hampir berlalu, yuk mulai intip tips mempersiapkan libur akhir tahun! Sebagai momen yang dinantikan keluarga setelah penatnya kegiatan selama setahun, pastinya kamu ingin liburan kali ini berkesan. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan bebeberapa hal. Berikut 5 tips yang perlu kamu lakukan agar liburan akhir tahun kamu menyenangkan:

1. Tentukan Destinasi Liburan

Liburan akhir tahun sebaiknya dipersiapkan dari jauh hari supaya liburan menyenangkan dan meninggalkan kesan. Persiapan pertama yang perlu dilakukan adalah memilih destinasi tempat wisata yang cocok untuk keluarga. 

Mempersiapkan liburan tahunan dari jauh hari sangat membantu kelancaran liburanmu. Misalnya saja kamu ingin berlibur keluar negeri, maka kamu akan memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan berkas kepergianmu. Selain itu, kamu bisa mencari akomodasi dan tiket yang murah jika dibeli jauh hari.

Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun (via CNN)

2. Tentukan Jadwal liburan

Penentuan jadwal sangat penting terutama untuk kamu yang masih bekerja dan terikat dengan jam kantor. Jika ingin menghabiskan liburan dalam jangka waktu lama kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil cuti. 

Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun (via Ngobrolin)

3. Buat Rencana Kegiatan

Setelah destinasi sudah ditentukan, maka segera buat rencana kegiatan liburan yang terdiri dari lamanya waktu liburan, penentuan tempat wisata, kegiatan yang akan dilakukan selama liburan, hingga biaya yang akan dikeluarkan. Melakukan pencatatan ini penting untuk menghindari hal-hal penting terlewat. 

Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun (via Kompas)

4. Siapkan Dana

Liburanmu jangan sampai menghabiskan porsi anggaran bulanan yaa.. Solusinya, kamu perlu mengatur dulu kecukupan dana baik untuk liburan maupun kebutuhan sehari-hari. Inilah salah satu tujuan menentukan jadwal liburan jauh-jauh hari, sehingga kamu bisa menabung dana untuk keperluan liburanmu.

Untuk meminimalkan pengeluaran liburan, kamu bisa mencari tiket promo sebanyak-banyaknya, mulai dari transportasi, penginapan, hingga kuliner. Jangan lupa, siapkan dana darurat selama liburan. Dana ini bisa digunakan jika terjadi hal-hal tak terduga seperti jika kamu perlu ke klinik karena kecelakaan saat surfing.

Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun (via Finansial Bisnis)

5. Segera Pesan Akomodasi dan Tiket Perjalanan

Sudah menjadi rahasia umum kalau tarif hotel dan juga transportasi akan melambung tinggi saat musim liburan. Oleh karena itu, jangan menunda waktu. Merencanakan libur akhir tahun dari beberapa bulan sebelumnya bisa membantumu mendapatkan akomodasi dan tiket perjalanan yang lebih murah.

Itulah beberapa tips untuk mempersiapkan libur akhir tahun. Membayangkannya saja sudah terasa menyenangkan. Dengan berbekal tips di atas, kamu juga bisa merencanakan kegiatan liburan yang menyenangkan. Apa kamu sudah merencanakan liburan tahun ini?

Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun (via Kompas)