Apakah kamu pernah mendengar kata-kata over confident? Yep, istilah tersebut merujuk pada sikap seseorang yang merasa terlalu percaya diri dalam segala hal. Dia merasa benar-benar yakin bahwa kemampuan dan tindakannya adalah hal paling benar dan tidak terbantahkan.
Faktanya, memiliki sikap percaya diri memang perlu, tapi jangan sampai kebablasan karena ada bahaya over confident di tempat kerja lho. Pasalnya enggak semua orang di tempat kerja kamu suka dengan sikapmu yang terlalu percaya diri. Kalau kamu masih belum tahu apa bahaya over confident di tempat kerja, merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.
1. Menganggap Enteng Semua Pekerjaan
Pekerjaan memang enggak boleh dijadikan beban agar kamu terus semangat mengerjakannya. Tapi kalau terlalu menganggapnya enteng juga enggak baik. Hal tersebut akan menyebabkan komunikasimu dan teman kerja yang lain jadi terganggu, karena mereka menganggap kamu terlalu sombong.
Lagipula, jika kamu menganggap remeh semua hal, sikap mawas diri akan berkurang. Kamu akan kurang memperhitungkan segala risiko dan potensi bahaya yang bisa menjatuhkanmu. Tahu-tahu kamu sudah kalah telak dari orang lain. Ngeri juga kan?
Bahaya Over Confident di Tempat Kerja (via DoCheck)
2. Tidak Menyadari Kekurangan Diri
Sering kali orang yang over confident tidak menyadari kekurangan yang ada pada dirinya. Hal ini akan membuat kamu jadi enggak mau dikoreksi orang lain, karena merasa paling benar. Kamu akan jadi haus akan pujian, tapi sayangnya kamu berpeluang besar kehilangan teman.
Faktanya, kamu perlu tahu bahwa setiap orang punya potensi dan kekurangan masing-masing. Kamu pun jelas memiliki kekurangan di balik kelebihan. Dengan mendengarkan saran dan sudut pandang orang lain, maka kelemahanmu bisa jadi kelebihan. Sebaliknya, bersikap antipati pada saran dan kritik hanya akan membuatmu kurang referensi dan cenderung jalan di tempat.
Bahaya Over Confident di Tempat Kerja (via Halodoc)
3. Berpeluang Menimbulkan Konflik
Rasa percaya diri yang berlebihan pada diri kamu membuat kamu merasa harus mendominasi semua pekerjaan. Nah, hal ini yang akan membuat kamu dan teman di kantor berkonflik. Kalau sudah begini, enggak cuma perusahaan yang rugi karena waktu kerja terbuang, tapi kamu juga rugi karena akan dijauhi teman-teman di tempat kerja.
Bahaya Over Confident di Tempat Kerja (via Glints)
4. Suka Menyalahkan Orang Lain
Bahaya lain kalau kamu terlalu percaya diri di tempat kerja adalah kamu jadi suka menyalahkan orang lain, karena kamu merasa bahwa dirimu selalu benar. Ini sangat berbahaya, karena sifat kamu bisa membuat suasana kerja jadi kurang nyaman.
Jadi, sudah tahu kan apa saja bahaya over confident di tempat kerja? Kalau kamu masih memiliki sifat over confident di tempat kerja, maka kamu tinggal tunggu bahaya yang menanti. Sebaiknya segera perbaiki, daripada kamu dikucilkan dan tidak lagi memiliki teman di tempat kerja.
Bahaya Over Confident di Tempat Kerja (via QuBisa)