Masih Jadi Tradisi Jawa, Begini Cara Hitung Weton Jodoh untuk Kecocokkan dengan Pasangan

Masih Jadi Tradisi Jawa, Begini Cara Hitung Weton Jodoh untuk Kecocokkan dengan Pasangan

Weton merupakan hitungan angka lahir seseorang yang seringkali dikaitkan dengan perjodohan atau kecocokan dengan pasangan. Weton sendiri merupakan bahasa Jawa yang artinya peringatan hari kelahiran dari seorang bayi.

Sehingga, weton jodoh dianggap sebagai penanggalan yang berasal dari kalender Jawa dan dianggap bisa meramal perjodohan. Dan biasanya, weton selalu jadi patokan untuk menjalin hubungan lebih jauh.

Lantas, bagaimana sih cara menghitung weton jodoh?

Dalam perhitungannya, kita perlu menghitung jumlah hari lahir dan pasangan sesuai weton. Apabila ini mejadi perhitungan pertamamu, berikut rumus yang harus diikuti.

Pertama, temukan nilai atau jumlah masing-masing kelahiran yaitu:

Minggu bernilai 5

Senin bernilai 4

Selasa bernilai 3

Rabu bernilai 7

Kamis bernilai 8

Jumat bernilai 6

Sabtu bernilai 9

Selain mengetahui nilai dari hari kelahiran Masehi, kamu juga harus tahu nilai dalam tanggalan Jawa.

Sebagai informasi pasaran terdapat 5 jenis hari yang memiliki nilainya masing-masing, yaitu:

Kliwon bernilai 8

Legi bernilai 5

Pahing bernilai 9

Pon bernilai 7

Wage bernilai 4

Setelah mengetahui kedua nilai dari hari masehi dan pasaran, kamu  bisa menjumlahkannya. 

Misal, jika kamu lahir pada Sabtu Pon maka 9+7=16. Sementara itu, pasanganmu lahir pada Jumat Kliwon berarti perhitungan weton jodohnya 6+8=14. Penjumlahan kedua nilai hari ini dikenal dengan neptu (nilai jumlah angka hari dan pasaran).

Cara menghitung weton jodoh (pexels)

Apabila dijumlahkan maka hasilnya adalah 30. Lalu, hasil tersebut menunjukkan tingkat kecocokan yang kemudian akan dilihat apakah hubungan kalian layak atau tidak. Nah untuk tahu tingkat kecocokkannya, kamu bisa mengikuti arahan berikut:

# Pegat

Beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah masalah seputar ekonomi, kekuasaan, atau bahkan perselingkuhan.

Tingkat kecocokan itu disebut pegat alias rawan, biasanya akan menunjukkan nilai neptu 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, dan 36. Banyak yang mengatakan jika pegat cukup rentan dalam hubungan atau kerap mendapatkan masalah di kemudian hari.

# Ratu

Selanjutnya ialah ratu, dimana angka neptunya adalah 2, 11, 20, dan 29. Artinya, hubunganmu akan disegani oleh lingkungan sekitar dan perjalanan rumah tanggamu akan harmonis.

# Jodoh

Berikutnya ialah neptu yang menghasilkan angka 3, 12, 21, dan 30 ini akan masuk ke dalam kategori jodoh. Tentu artinya adalah kamu dan pasangan sangat berjodoh dan akan rukun hingga masa tua nanti.

# Topo

Lalu ada Topo, yang punya angka neptu 4, 13, 22, dan 31, maka ini masuk ke dalam kategori topo dalam weton jodoh. 

Kategori ini diprediksi akan melewati masa sulit di awal hubungan, namun akan bahagia di kemudian hari.

# Tinari

Jika kamu mendapatkan jumlah neptu 5, 14, 23, dan 32, artinya kamu mendapatkan istilah tinari yang diartikan sebagai pasangan yang penuh kebahagiaan.

# Padu

Apabila hasil penjumlahan neptu mencapai 6, 15, 24, dan 33, maka kamu harus berhati-hari karena kemungkinan akan banyak pertengkaran antara kamu dan pasangan. Namun, pertengkaran ini masih bisa diubah jika kamu dan pasangan bisa mengontrol emosi.

# Sujanan

Berikutnya adalah Sujanan, yakni hasil neptu  7, 16, 25, dan 34 yang juga masuk dalam kategori waspada. Sebab, hubunganmu akan banyak masalah, pertengkaran hingga perselingkuhan.

# Pesthi

Terakhir adalah Pesthi, yakni angka neptu berupa angka 8, 17, 26, dan 35. Pasangan pesthi ini  diperkirakan akan rukun, tentram hingga tua nanti.

Cara menghitung weton jodoh (unsplash)