Kenapa Kesurupan Bisa Menular dan Sering Terjadi pada Wanita?

Kenapa Kesurupan Bisa Menular dan Sering Terjadi pada Wanita?

Kesurupan adalah kondisi saat seseorang dirasuki roh jahat atau makhluk halus. Uniknya di Indonesia sering terjadi yang namanya kesurupan massal. Kesurupan massal awalnya dialami oleh satu orang lalu kemudian menular kepada orang lain disekitarnya. Termasuk juga para wanita yang sering alami kesurupan dibandingkan para pria.

Melansir dari Detik Health, menurut ilmu psikiatri klasik, yang namanya kesurupan dipicu dengan adanya tekanan mental atau sosial yang masuk ke alam bawah sadar dan gagal diatasi oleh individu yang terjadi karena proses neurospikologis yang melibatkan beberapa sirkuit di otak manusia.

Seorang ahli bedah dari Rumah Sakit Mayapada, dr. Roslan Yusni menjelaskan jika kesurupan bisa menular karena ada orang lain yang melihat dan jadi tersugesti. Kesurupan menular dan jadi kesurupan massal karena adanya perhatian sehingga orang lain yang memperhatikan ikut kesurupan. Justru menularnya dari diri sendiri. Makanya kesurupan bisa mempengaruhi orang lain termasuk membuat kepanikan.

Lalu sering timbul pertanyaan kenapa wanita lebih sering alami kesurupan dan mudah dimasuki roh halus dibandingkan laki-laki. Banyak faktor yang mempengaruhi wanita sering mengalami gangguan mistis tersebut. Bisa karena wanita selalu menggunakan perasaan dalam berpikir dan tipikal yang memendam kecemasan dan ketakutannya.

Saat rasa cemas dan takut sudah maksimal maka alam bawah sadarnya membalikan keadaan dengan mengeluarkan semua kecemasan dan ketakutannya secara tidak terkendali, misalnya keluar teriakan-teriakan dan tangisan karena cemas dan takut.

Kondisi wanita yang memasuki usia pubertas juga bisa jadi pemicu. Belum lagi adanya tekanan psikologis hingga masalah hidup yang menyebabkan wanita jadi frustasi. Kondisi seperti itu ternyata mudah bagi makhluk-makhluk halus untuk mencoba mengganggu wanita dengan masuk ke dalam tubuhnya.

Kenapa Kesurupan Bisa Menular dan Sering Terjadi pada Wanita (Boombastis)

Lantas seperti apa ciri-ciri orang yang biasanya mudah kemasukan makhluk halus? Ustaz Khalid Basalamah pernah menuturkan beberapa penyebab keputusan lewat video di channel YouTube Penuntut Ilmu. Ternyata hal yang menyebabkan seseorang alami kesurupan cukup beragam. 

Yang pertama adalah jarang beribadah. Jarang beribadah atau berdoa menjadi penyebab orang itu mudah dikuasai oleh kekuatan negatif. Sebab orang yang tidak dekat dengan Tuhan bisa jadi gampang kesurupan karena aura tubuhnya dipenuhi kekuatan negatif. Makanya agar terhindar dari kesurupan sejak sekarang mulai rajin beribadah dan berdoa.

Buang air sembarangan juga bisa memicu terjadinya kesurupan. Buang air yang dimaksud adalah buang air kecil atau kencing Terkadang ada saja orang yang asal-asalan membuang air kecil di sembarang tempat, misalnya di rumah kosong, tanah kosong, atau pohon besar. Apalagi saat kencing tidak meminta izin lebih dulu. Hal ini konon bisa memancing makhluk halus untuk masuk ke tubuh orang itu. “Karena biasanya kita kencing terus kena anak jin, jadi jinnya marah dan masuk ke badan,” papar Ustaz Khalid.

Kenapa Kesurupan Bisa Menular dan Sering Terjadi pada Wanita (Suara Baru)