Enggak Banyak yang Tahu, Ternyata Segini Lho Mahar Meminang Gadis Dayak

Terkenal dengan kecantikan dan kulit putihnya yang menawan, maka enggak heran jika mahar meminang gadis Dayak cukup mahal.

Perempuan Dayak memang terkenal dengan kecantikan dan kulit putihnya yang menawan. Enggak heran, kalau banyak pria yang mabuk kepayang untuk menikahi para perempuan Dayak. Lantas, berapa sih mahar meminang gadis Dayak? Sudah tahu belum?

Buat kamu yang penasaran, merangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya. Untuk menikahi gadis Dayak tentu perlu perjuangan yang tidak mudah dan penuh pengorbanan. Ada banyak syarat yang harus dilalui dan dilengkapi sebelum berhasil meminang gadis Dayak, salah satunya soal mahar pernikahan.

Menurut sebuah akun TikTok bernama @Onal_Majan, menjelaskan bahwa Suku Dayak memiliki banyak suku dan tentu setiap suku memiliki keharusan para pria memberikan mahar yang terbilang cukup mahal. Namun semua itu tergantung dari kesepakatan yang diminta kedua belah pihak.

Namun urusan meminang gadis Dayak ini memang urusan yang rumit, apalagi jika gadis tersebut adalah gadis asli Dayak. Mahar untuk perempuan Dayak bisa berupa uang dan barang yang perlu diantar.

Mahar Meminang Gadis Dayak (via NetraInews)

Menurut beberapa sumber lain, bagi pria yang hendak meminang gadis Dayak haruslah mengetahui terlebih dahulu tentang tradisi dan bagaimana karakter orang-orang suku Dayak. 

Khusus di Desa Karya Baru, dikatakan untuk meminang gadis Dayak di sana, sang pria harus menyiapkan mahar minimal Rp20 juta. Jumlah ini bisa saja bertambah sesuai permintaan pihak perempuan.

Mahar Meminang Gadis Dayak (via MMC Kalteng)

Sedangkan di Desa Ranai Baru, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, untuk meminang gadis Dayak, si pria harus menyiapkan mahar sekitar Rp35 juta - Rp40 juta. Namun kembali lagi, mahar tersebut sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak ya. Nah, sekarang sudah tahu kan berapa sih mahar meminang gadis Dayak. Kamu sanggup enggak kira-kira?

Mahar Meminang Gadis Dayak (via Eviindrawanto)