5 Konser Yang Kena Dampak Dari Kekacauan Konser Berdendang Bergoyang, Nomor 5 Sudah Resmi Dibatalkan

5 Konser yang terkena dampak dari Konser Berdendang Bergoyang, salah satunya konser Dewa 19.

Konser musik bertajuk Berdendang Bergoyang yang digelar di Istora Senayan, Jakarta pada 28-30 Oktober 2022, berujung kekacauan. Puluhan ribu orang berdesakan di Istora untuk memeriahkan konser musik tersebut. Jumlah penonton yang hadir saat itu disebut sebanyak 21.000 orang.

Angka ini melebihi kapasitas maksimal 10.000 orang. Alhasil, konser Berdendang Bergoyang yang direncanakan digelar selama tiga hari harus berhenti di hari kedua. Bahkan pihak kepolisian menemukan unsur pidana karena sengaja menjual tiket yang melebihi dari yang diajukan.

Terkait masalah ini, polisi menetapkan dua orang tersangka yakni sosok yang bertanggung jawab di balik festival musik itu. Adapun dua tersangka itu adalah DP selaku penanggung jawab festival Berdendang Bergoyang dan HA sebagai direktur perusahaan.

Tidak hanya itu saja, kisruh Berdendang Bergoyang ikut memberikan dampak pada penyelenggaraan konser musik lainnnya. Sejauh ini, ada lima konser yang terancam batal karena festival musik di Istora Senayan yang bermasalah itu. Lantas apa saja konser yang terdampak itu? Berikut penjelasannya.

Dewa 19

Konser Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS) yang dijadwalkan berlangsung pada 12 November 2022 harus mundur sampai 4 Februari 2023. Hal ini karena acara tersebut belum mengantongi izin dari kepolisian. Walaupun belum memiliki izin, pihak penyelenggara sudah menjual tiket konser sebanyak 60.000 lembar.

Sementara penonton yang hadir diperkirakan mencapai 70.000 orang. Seiring dengan ini, pihak kepolisian meminta panitia untuk menunda konser Dewa 19 tersebut sampai tahun depan demi alasan keamanan dan keselamatan massa. Keputusan ini pun sudah disetujui manajemen Dewa 19.

Dewa 19 (Garuda News)

Djakarta Warehouse Project (DWP)

Festival musik Djakarta Warehouse Project atau yang dikenal dengan istilah DWP bakal kembali digelar tahun ini setelah 2 tahun absen. Rencananya DWP akan berlangsung pada 9 sampai 11 Desember 2022. Lewat akun Instagram resmi @djakartawarehouseproject, panitia mengumumkan acara ini akan digelar di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Akan tetapi, festival musik ini juga terancam dibatalkan. Kepala Seksi Pengawasan Hiburan dan Rekreasi Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta yakni Ifan mengatakan belum ada izin yang diajukan oleh penyelenggara DWP ke pihaknya. Meski demikian, belum ada keterangan resmi terkait hal ini.

DWP (Tirto.id)

Soundrenaline

Festival musik Soundrenaline yang tahun ini mengusung tema #Comebackliveandlouder bakal digelar pada 26-27 November 2022 di Allianz Eco Park, Ancol. Setelah vakum selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, penyelenggaraan Soundrenaline kini juga terancam batal terlaksana. Walau begitu, kabarnya pihak penyelenggara masih mengusahakan untuk konser tetap berlangsung.

Soundrenaline (Bisnis.com)

Heads In The Clouds

Konser musik lainnya yang juga ikut terkena dampak adalah Heads In The Clouds. Pertunjukkan dari musisi-musisi papan atas yang berada di bawah naungan label 88Rising yang dijadwalkan berlangsung di Community Park PIK 2 pada 3 dan 4 Desember 2022 pun ikut terancam batal. 

Meski demikian, sampai saat ini Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) masih mengupayakan izin-izin konser yang tidak bisa dikeluarkan dengan berkoordinasi dengan regulator, serta membuat standarisasi penyelenggaraan acara agar konser tetap bisa terlaksana.

Heads In The Clouds (88rising)

Slank

Berbeda dari konser lainnya yang harus diundur pelaksanaannya atau masih diusahakan izinnya, konser Slank yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Kamboja Palembang, pada Minggu 6 November 2022, sudah resmi dibatalkan. Konser ini merupakan rangkaian tur Beautiful SMILE Indonesia. 

Pihak promotor menyebut masalah keamanan menjadi isu utama di balik pembatalan konser Slank tersebut. Pembatalan konser Slank di Palembang ini terjadi tidak lama setelah heboh kasus Berdendang Bergoyang di Istora Senayan.

Konser Slank Dibatalkan (Instagram)