Gimana Sih Cara Mindahin Motor Pembalap MotoGP dari Negara Satu ke Negara Lainnya?

Gimana Sih Cara Mindahin Motor Pembalap MotoGP dari Negara Satu ke Negara Lainnya?

Musim MotoGP 2022 sudah selesai pada Minggu (7/11). Pembalap MotoGP asal Italia Francesco Bagnaia berhasil menjadi juara di tahun 2022. Selama musim balapan tentu banyak hal yang jadi perbincangan. Termasuk beberapa hal menariknya, salah satu soal cara memindahkan motor pembalap MotoGP dari balapan satu ke balapan berikutnya di negara yang berbeda.

Melansir dari GridOto, bagian-bagian motor harus dipisahkan. Pertama adalah bagian ban, bahan bakar, dan komponen cair dikirim secara berbeda. Barang seperti ban, bahan bakar itu dikirim lewat jalur laut. Alasannya karena komponen tersebut termasuk barang mudah terbakar dan sangat riskan jika dimasukkan ke dalam pesawat terbang.

Sementara bagian motor selain benda yang mudah terbakar didistribusikan lewat jalur udara. Setiap barang dimasukkan ke dalam kotak berukuran besar. Total untuk pengiriman komponen motor semua pembalap MotoGP bisa mencapai berat 260 hingga 280 ton lho.

Dari total sekitar 260 ton misalnya, 210 ton berisi komponen motor lalu 50 ton adalah perlengkapan pendukung seperti kamera dan barang lainnya. Setiap tim MotoGP membawa 10-12 ton kargo. Untuk pesawat yang mengangkut komponen motor adalah jenis pesawat kargo Boeing 747 Freighters. Keamanan barang-barang tersebut sangat dijaga keamanannya.

Anggota tim konstruktor MotoGP khususnya mekanik motor tentu memiliki tugas yang cukup berat karena harus mengatur proses pemindahan dan melakukan perakitan motor begitu tiba di negara tujuan beberapa hari sebelum balapan dilangsungkan.

Pembalap MotoGP  tidak akan sukses atau berhasil menjalani perlombaan jika tidak dibantu oleh para anggota tim MotoGP yang jumlahnya cukup banyak. Anggota tim MotoGP biasanya terdiri dari beberapa posisi seperti kepala kru, mekanik, analisis data, hingga media. Mereka memiliki gaji yang cukup besar karena tugasnya tidak mudah.

Gimana Sih Cara Mindahin Motor Pembalap MotoGP dari Negara Satu ke Negara Lainnya (GridOto)

Kepala kru adalah orang yang bertanggung jawab proses persiapan pembalap MotoGP dalam sebuah perlombaan. Ia juga mengatur semua kru tim dalam setiap balapan. Misalnya kepala kru dari Honda bernama Santi Hernandez yang setiap mendamping Marc Marquez. Untuk menjadi kepala kru tim MotoGP gaji yang didapatkan berkisar sekitar 40 ribu Euro hingga 130 ribu Euro atau sekitar Rp 600 juta hingga Rp 2 miliar per tahun. Penghasilan ini paling besar di antara anggota tim MotoGP lainnya.

Mekanik wajib menjadi bagian yang mengurus semua motor pembalap. Mekanik harus detail menyiapkan motor pembalap sejak proses latihan, kualifikasi, dan perlombaan. Mereka harus membuat motor nyaman dikendarai oleh pembalap. Mekanik juga jadi tempat pembalap untuk bercerita apa yang dia rasakan selama mengendarai motor.

Banyak mekanik yang bekerja selama beberapa tahun dalam satu tim MotoGP karena dipercaya oleh pembalap tersebut. Misalnya saja ada mekanik yang jadi langganan Valentino Rossi. Meski ia berpindah tim, mekanik itu pun ikut diajak pindah karena faktor kenyamanan. Untuk penghasilan mekanik berkisar 25 ribu Euro hingga 70 ribu Euro atau sekitar Rp 385 juta – Rp 1,1 miliar per tahun.

Gimana Sih Cara Mindahin Motor Pembalap MotoGP dari Negara Satu ke Negara Lainnya (Kompas Otomotif)