Ferdy Sambo Siap Bongkar Isi Informasi Buku Hitamnya, Kata Sang Pengacara

Ferdy Sambo Siap Bongkar Isi Informasi Buku Hitamnya, Kata Sang Pengacara

Dalam beberapa kesempatan, seperti saat rampung menjalani sidang kode etik dan menjalani sidang pembacaan dakwaan di PN Jakarta Selatan, Ferdy Sambo tampak membawa sebuah buku hitam. Publik pun kemudian dibuat penasaran dengan buku hitam yang selalu ada di tangan Ferdy Sambo itu. Emang apa sih isinya? 

Karena banyaknya publik yang penasaran, pengacara Ferdy Sambo, Rasamala Aritonang pun mengungkapkan bahwa kliennya akan mengungkap informasi penting di buku hitam tersebut. Terutama jika buku hitam itu berisi informasi yang dibutuhkan untuk perbaikan Polri.

“Kalau ada kebutuhan bahwa beliau harus menyampaikan informasi, catatan apa pun yang dianggap penting untuk melakukan perbaikan tersebut. Selagi beliau bisa memberikannya dan ada akses untuk itu, beliau bersedia untuk melakukannya,” kata Rasamala.

# Isi Buku Hitam Milik Ferdy Sambo

Pengacara Sambi tersebut mengatakan bahwa buku hitam tersebut adalah catatan pribadinya sejak menjabat sebagai Kasubdit 3 Dirtipidum Bareskrim Polri hingga Kadiv Propam Polri.

Sambo juga dikatakan rajin menulis tiap kegiatan saat masih menjabat sebagai anggota Polri.

Sambo membawa buku hitam saat persidangan (bingkainasional.com)

“Saya beberapa kali ketemu beliau, buku hitam itu selalu dibawa. Pak Sambo punya pengalaman cukup panjang. Beliau pernah menjadi Kasubdit 3 Dittipidum Bareskrim, Dirtipidum Bareskrim sampai Kadiv Propam,” jelas Rasamala.

Sayangnya, Rasamala tak pernah membaca isi dari buku hitam itu. Sehingga ia tak bisa mengungkapkan isinya.

Ferdy Sambo saat proses pelimpahan berkas perkara tahap dua di Gedung Kejagung (pantau.com)

# Sambo Masih Memiliki Kecintaan Terhadap Institusi Polri

Namun, Rasamala menilai bahwa Sambo masih memiliki kecintaan terhadap institusi Polri sehingga ia pasti rela memberikan informasi tentang catatan di buku hitamnya jika dibutuhkan.

“Saya pikir beliau terlepas dari persoalan pidana yang dihadapi, beliau ada kecintaan terhadap institusinya di kepolisian. Saya pikir itu disampaikan beberapa kali oleh beliau,” tambah Rasamala.

Isi buku hitam Ferdy Sambo (news.detik.com)

# Penjelasan Isi Buku Hitam dari Orang Dekat Ferdy Sambo

Salah seorang kawan dekat Ferdy Sambo memberikan sedikit penjelasan tentang apa isi buku hitam yang sering dibawa Sambo.

"Data-data itu untuk membersihkan institusi Polri, bukan untuk menghancurkan. Dia (Sambo-red) tak mau adik-adiknya melakukan kesalahan yang sama," kata orang dekat Sambo tersebut.

Selain Rasamala, Febri Diansyah yang juga pengacara Ferdy Sambi mengungkapkan bahwa dirinya tak tahu menahu soal informasi apa yang ada di buku hitam Sambo.

Yang ia tahu, seorang tahanan memang tak boleh membawa benda elektronik sehingga Sambo menjadikan buku untuk mencatat apa saja.

"Di tahanan kan enggak boleh bawa peralatan elektronik. Jadi kalau kemudian ada seorang tahanan, saya juga tidak tahu apa isinya, bikin catatan untuk membantu mengingat dan lain-lain dalam sebuah buku, kebetulan sampul warna hitam, kami tidak fokus ke sana, kami fokus mendalami subtansi," jelas Febri.

Duh, malah bikin tambah penasaran kaaan?