Bisa Ancam Nyawa Jika Dilanggar, Ini Aturan Wajib Saat Mengunjungi Suku Dayak yang Harus Dipahami

Ada aturan wajib saat mengunjungi suku Dayak di pulau Kalimantan karena di tempat wisata suku tersebut masih menganut kuat adat dan etika

Berkunjung ke suatu daerah tentu kamu harus mentaati aturan yang ada di sana. Karena itu artinya kamu sudah menghargai para penduduk asli sebagai tuan rumah. Salah satunya aturan wajib saat mengunjungi suku dayak yang berada di Kalimantan.

Mengingat adat dan etika Suku Dayak masih sangat kuat, maka kamu memahami betul dan mematuhi aturan-aturan yang ada di sana tanpa terkecuali jika ingin berkunjung ke sana. Kalau tidak nyawa bisa menjadi taruhannya. Lantas, aturan apa saja sih yang wajib dipatuhi selama mengunjungi Suku Dayak? 

1. Jangan Kurang Ajar

Sebagai wisatawan kamu sebaiknya bersikap baik dan menghormati penduduk setempat. Jangan pernah berpikir untuk bersikap kurang ajar, apalagi mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas. Karena orang-orang Suku Dayak tidak akan segan membalas orang-orang yang berbuat jahat pada mereka.

Berkunjung ke Dayak, artinya kamu harus stop menghina atau mencari masalah dengan mereka. Dikhawatirkan jika tidak sengaja kamu berkata buruk tentang mereka, maka orang-orang Suku Dayak akan melukai kamu.

Aturan Wajib Saat Mengunjungi Suku Dayak (via Kalbar Terkini)

2. Dilarang Menghina Patung Kayu

Di Kalimantan, banyak sekali rumah-rumah dengan patung yang terbuat dari kayu di bagian depan. Konon, patung tersebut bukanlah patung biasa, melainkan simbol untuk menghormati para leluhur yang sudah tiada. Karena itu, jaga hati dan ucapan, tahan diri agar tidak menghina seperti apapun bentuk patung tersebut.

Aturan Wajib Saat Mengunjungi Suku Dayak (via Facebook)

3. Jangan Mempermainkan Perasaan Gadis Dayak

Gadis-gadis Suku Dayak memang terkenal dengan kecantikannya dan siapapun bisa terpikat. Kalau kamu berkunjung ke Dayak jangan sesekali mempermainkan para gadis Dayak ya.

Menurut mitos yang kini banyak beredar, jika siapapun yang mengganggu para gadis Suku Dayak apalagi mempermainkannya dipastikan alat vital mereka akan hilang.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja aturan wajib saat mengunjungi Suku Dayak yang harus dipahami. Patuhi betul-betul ya kalau tidak ingin nyawa dan keselamatan kamu terancam.

Aturan Wajib Saat Mengunjungi Suku Dayak (via Correcto)