Pasangan Serasi Itu Serasa dan Sehati, Karakter Hubunganmu dan Kekasih Begini?

Karakter pasangan serasi itu serasa dan sehati. Tahu nggak rasa itu datangnya dari mana? Belum tepat kalo cuma dibilang dari hati. Begini penjelasannya!

Pasangan serasi itu dicapai melewati setiap jalan. Meskipun jalan berliku, menanjak naik atau turun semua bisa terlewati. Karakter hubungan yang bisa bertahan dan nggak punah ditelan waktu. 

Apakah karakter hubunganmu dan kekasih sebagai pasangan serasi begini?

1. Jadi teman sehati

Selain jadi pasangan, kekasih bisa jadi teman sehati. Sehati itu nggak melulu setuju. Justru karena sehati, maka bisa menerima perbedaan. 

Setiap orang mempunyai sifat yang berbeda-beda. Bahkan pasangan serasi banyak juga yang sifatnya berseberangan. Tapi karena bisa jadi teman sehati, jadi bisa menangani setiap perbedaan.

2. Punya satu rasa yang diungkapkan dengan cara berbeda-beda

Rasa apa ya? Cinta dong. Rasa tersebut bisa diungkapkan dengan cara yang berbeda-beda oleh pasangan serasi. Diungkapkan lewat tindakan yang bermakna. Tindakan yang bermakna juga nggak selalu muluk. Cuma dengan ngasih ucapan 'selamat pagi' aja udah terasa berarti. Apalagi dengan tindakan lain seperti ngasih ruang buat mengembangkan diri. 

3. Bisa jadi tandem ngobrol

Interpretasi terhadap perasaan itu banyak sekali. Sedangkan perasaan cinta itu terkait dengan memberi-menerima perhatian, penerimaan dan keintiman. Keintiman ini nggak hanya tergambarkan lewat sentuhan fisik, tapi menerima setiap pemikiran dan keinginan lewat obrolan.

Menurut penelitian psikologis oleh Zick Rubin, dilansir oleh Verywellmind.com, konsep cinta itu memuat berbagai macam yang dijelaskan diatas. Perhatian, membuat seseorang merasa bernilai dan bahagia. Saling berbagi pemikiran bisa jadi tanda sebagai pasangan serasi. 

Membaca dan menulis (giphy.com)

4. Merasa berkecukupan

Betapa susahnya untuk bertemu karena nggak ada waktu, atau karena sama-sama terlalu sibuk, tetapi tetap merasa berkecukupan. Mengapa begitu? 

Menurut psikolog Elaine Hatfield rasa cinta itu punya 2 tipe, yaitu compassionate dan passionate. Compassionate bisa dimaknai sebagai rasa welas asih satu sama lain. Sedangkan passionate berarti punya emosi yang intens. Passionate ini meliputi kedekatan emosional, sexual attraction, afeksi dan keinginan. Idealnya, menurut Hatfield passionate love mengarah ke compassionate love.

Jadi, karakter pasangan serasi tuh udah merasa berkecukupan karena telah saling melengkapi. 

5. Nyaman meski punya rahasia

Selama saling punya kedekatan, passion dan komitmen, menurut Robert Sternberg maka bisa dibilang sebagai pasangan yang berlandaskan cinta. Tiga komponen tersebut menjadi tumpuan bagi pasangan serasi.

Setiap orang pasti punya rahasia, meskipun enggan bercerita tetapi tetap bisa merasa nyaman bersamanya, bisa dibilang sebagai karakter pasangan serasi. 

Tandem ngobrol (hollywoodthewriteway.com)

Rahasia dalam konteks ini terkait dengan sesuatu hal yang membentuk sifat seseorang. Atau bahkan ketakutan atau trauma masa lalu. Rahasia ini justru bisa menjadi seseorang nyaman bersama kekasihnya. Berbagai alasan bisa membuktikannya, salah satunya karena merasa terlindungi. 

Karakter hubunganmu dan kekasihmu begini? Selamat jadi pasangan serasi! 

Memandangmu (filmz.ru)