Kamu Terlalu Percaya dengan Ramalan? Bisa Jadi Kamu Mengidap Barnum Effect! Ini Dampak Buruknya

Kamu Terlalu Percaya dengan Ramalan? Bisa Jadi Kamu Mengidap Barnum Effect! Ini Dampak Buruknya

Barnum effect merupakan fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ya, istilah ini merupakan situasi dimana seseorang begitu percaya dengan informasi umum yang ia dapatkan sendiri, contohnya adalah ramalan zodiak dan tes kepribadian di internet.

Seperti yang kita ketahui, ramalan zodiak sebenarnya sudah ditulis senetral mungkin sehingga tulisan tersebut bisa menyentuh atau berlaku bagi banyak orang. Namun, jika kamu sudah terjebak dalam barnum effect, kamu akan mempercayai bahwa tulisan itu benar-benar menggambarkan keadaanmu sekarang dengan sempurna.

Seperti yang kita tahu, ramalan zodiak sebenarnya ditulis senetral mungkin sehingga tulisan itu akan menyentuh para pembacanya. Tapi, kalo kamu terjebak dalam barnum effect, hal ini tentu bisa memberikan dampak negatif, seperti:

# Buang-Buang Waktu

Saat seseorang telah percaya akan suatu hal sepenuhnya, ia tak akan ragu untuk mengeluarkan uang, atau waktunya mendengarkan ungkapan atau nasihat tersebut. Padahal, bisa aja apa yang mereka baca cuma kebetulan semata.

Dampak dari Barnum Effect (pexels.com)

# Mudah Tertipu

Dengan membaca informasi mengenai ramalan zodiak atau tes kepribadian secara mentah-mentah, kita bisa saja menjadi mudah tertipu. Apalagi, jika ramalan tersebut digunakan untuk memutuskan sesuatu hal yang besar.

Oleh karena itu, penting untuk menyadarkan diri sendiri bahwa ungkapan tersebut berlaku secara umum dan bukan dikhususkan untuk kita.

# Mengabaikan Nasihat

Saat mengalami barnum effect, biasanya orang cenderung menutup telinga dan menyuruh mereka untuk tak mempercayai hal itu.

Namun nasihat ini biasanya malah membuat orang tersebut tidak membangun atau tidak ada kalimat positif seperti ramalan yang mereka percayai.

Dampak dari Barnum Effect (pexels.com)

# Gunakan Logika

Saat membaca ramalan zodiak atau mencoba tes kepribadian, keduanya bukanlah tindakan ilegal. Tapi sebaiknya hal ini cuma digunakan sebagai hiburan semata dan tetap menggunakan logika agar kita tak mudah percaya dengan apa yang kita baca.