Gak Nyangka! Ternyata Pelihara Tokek Bikin Cuan, Ini Dia 4 Negara yang Mengimpor Tokek dari Indonesia

Gak Nyangka! Ternyata Pelihara Tokek Bikin Cuan, Ini Dia 4 Negara yang Mengimpor Tokek dari Indonesia

Siapa yang sangka, kalau binatang melata seperti Tokek jadi salah satu binatang yang cuan banget. Iya! Binatang yang terkenal pemalu dan bersuara unik ini bahkan dicari dan dihargai mahal banget di beberapa negara.

Kok bisa? Pasalnya, negara-negara di Asia ini menganggap tokek bisa jadi obat mujarab untuk beberapa penyakit.

# Negara Pengimpor Tokek Indonesia

Beberapa negara yang percaya akan khasiat tokek memang tak jauh-jauh dari Indonesia. Alias, masih masuk dalam kawasan Asia.

Wajar sih, memang masih banyak pengobatan di Asia yang memanfaatkan cara tradisional dan ramuan-ramuan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Berikut ini beberapa negara di Asia yang sudah jadi pengimpor setia tokek dari Indonesia

1. Tiongkok

Tiongkok memang terkenal dengan obat-obatan pengobatan tradisionalnya. Jadi bukan hal yang aneh jika negara ini juga mempercayai bahwa khasiat daging tokek memang luar biasa.

Tokek yang diekspor dari Indonesia biasanya sudah dalam bentuk kering. Sehingga nantinya lebih mudah diolah. DI tahun 2020 sendiri, Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Surabaya, Jatim sudah melakukan ekspor sebanyak 2,9 ton.

Jadi, bisnis tokek yang bisa bikin kaya ini bukan bukan isapan jempol.

2. Taiwan 

Sama seperti Tiongkok, Taiwan juga butuh stok tokek untuk pengobatan. 

Penampakan tokek kering yang diekspor (antaranews.com)

Sayangnya, gak semua tokek yang diekspor ke Taiwan menggunakan jalur legal. Sehingga banyak pula penghasilan dari perdagangan tokek ini yang gak masuk pajak dan malah merugikan negara.

Yahhh, sedih...

3. Korea

Selain Tiongkok dan Taiwan, Korea juga berani bayar mahal untuk binatang melata ini.

Bahkan ada seorang pengusaha Korea yang rela membeli tokek dengan harga miliaran dari warga Indonesia.

Mengutip Kumparan, tokek seberat 64 kilogram dari pedalaman Kalimantan bahkan dibeli seorang pengusaha asal Korsel tadi dengan harga Rp179 miliar.

4. Hongkong

Di Hongkong, tokek kering juga jadi incaran lho! Tokek yang diimpor dari Indonesia ini nantinya akan diolah menjadi obat untuk berbagai penyakit seperti: HIV AIDS, penyakit kulit, hingga kanker.

Pengemasan tokek kering untuk diekspor

# Pengusaha Tokek Untung Besar dari Bisnis Ini

Didik, salah satu pengusaha tokek asal Indonesia sudah membuktikan sendiri bahwa bisnis jual beli tokek memang sangat menjanjikan.

Dari bisnis ini, Didik bahkan sempat memperoleh untung sebesar Rp300 juta di tahun 2009. Ia pun bisa memberi pekerjaan pada sekitar 200 warga di tempat tinggalnya.

Pintar juga sih negara-negara tadi, daripada menghabiskan banyak uang untuk obat-obatan kimia dan biaya rumah sakit yang mahal, lebih baik minum obat alami dari tokek kan?

Pinter lagi yang bisa melihat peluang bisnis tokek ini. Hehehe. 

Cicak kering (liputan6.com)