Kenapa Sih Mayoritas Manusia Gunakan Tubuh Bagian Kanan? Begini Kata Ilmuwan...

Pernah gak kalian bertanya kenapa lebih banyak manusia yang menggunakan tubuh bagian kanan? Nah, begini kata para ilmuwan.

Mayoritas manusia di dunia ini melakukan berbagai aktivitasnya dengan tubuh bagian kanan. Terutama tangan kanannya. Kalian juga?

Mayoritas itu berjumlah sekitar 85-90 persen. Sementara tangan kiri atau tubuh bagian kiri lebih digunakan untuk melakukan kegiatan minor. Mungkin juga hanya untuk menunjang tangan kanan aja.

Gak cuman tangan aja, semua anggota badan kita yang masuk dalam kategori 'mayoritas' ini bekerja dengan cara yang sama. Jadi, tubuh bagian kanan dinilai lebih terampil dan luwes dalam melakukan banyak aktivitas.

Nah, muncul pertanyaan, kenapa bisa begitu? Kenapa hayo?

Yang mana, kanan atau kiri? (sciencedaily.com)

Natalie Uomini, seorang arkeolog dari University of Liverpool menunjukkan temuan arkeologis tentang ini. Katanya, sejauh ini, tidak ditemukan populasi manusia yang mayoritas menggunakan tangan kiri.

Hal ini disebabkan oleh kerja-kerja otak kita. Otak kiri kita berguna untuk melakukan aktivitas rutin, sementara otak kanan untuk mengawasi hal-hal yang tidak terduga. cara kerja ini juga berlaku pada sistem tubuh hewan sejak jaman purba.

Kalian kidal gak sih? (shutterstock.com)

Dari pendapat Uomini tadi, peneliti Stephanie Braccini lebih condong kepada evolusi manusia. Katanya nih, hal ini bisa dilihat dari masa awal perkembangannya.

Manusia yang berjalan merangkak menggunakan 4 kaki mulai mengalami perubahan. Mereka berjalan tegak dan hanya menggunakan dua kaki aja. Nah, dua tangan yang sebelumnya digunakan untuk menyokong fungsi kaki difungsikan untuk mengerjakan tugas lainnya.

Di jaman purba dulu, berbagai tugas bahkan dilakukan menggunakan tangan kanan mereka. Misalnya sampel gigi spesies Homo heidelbergensis yang diawetkan. Gigi itu menunjukkan bahwa mereka menggunakan tangan kanannya untuk memasukkan makanan ke mulutnya.

Burger King pernah bikin burger buat orang kidal, tapi... (desihighway.com)

Meski begitu, pendapat itu masih sulit diungkap kebenarannya. Diperlukan sebuah penelitian besar untuk ini. Makanya, belum ada yang bisa menjelaskan alasan kenapa tubuh bagian kanan lebih dominan ketimbang tubuh bagian kiri.

Di balik itu, kita juga gak bisa memungkiri mereka yang menggunakan tubuh bagian kiri. Mereka yang beraktivitas dengan tubuh bagian kiri dianggap memiliki beberapa kelebihan. Setidaknya itulah yang diulas dalam buletin psikologi tahun 1977 silam.

Lionel Messi pun kidal (independet.co.uk)

Katanya nih, pemulihan otak dari kerusakan jauh lebih cepat dari mereka yang "mayoritas" itu. Sementara untuk beberapa pertandingan olahraga, pengguna tangan kiri justru bisa mempersulit prediksi lawan dalam menangkis serangan.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, sebenernya gak ada yang salah kok antara dominan mana penggunaan tubuh bagian kanan atau kiri. Tidak ada yang salah juga dalam perbedaan (*tsah). 

Di luar hal-hal ini, mungkin para ilmuwan juga ikut bingung kenapa bisa begini, kenapa bisa begitu... hehehe.

Kalian gunakan tangan mana gengs kalo nulis? (worldatlas.com)