Enggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Diet untuk Penderita Maag

Kalau kamu memiliki riwayat sakit maag jangan diet sembarangan ya! Yuk simak tips aman berikut ini!

Untuk kamu yang memiliki masalah berat badan, tentu diet sangat disarankan demi menjaga kesehatan. Namun kalau kamu memiliki riwayat sakit maag jangan diet sembarangan ya. Karena cara diet penderita maag sedikit berbeda dengan orang tanpa penyakit tersebut.

Melansir Everyday Health, para ilmuwan dan dokter telah melakukan penelitian bahwa berat badan berlebih bisa memicu GERD. Karenanya, menurunkan berat badan dengan diet sehat dipercaya dapat mengatasi gejala maag sekaligus mendapatkan tubuh yang ideal. Lantas, cara diet seperti apa yang cocok dengan penderita maag? Berikut ini penjelasannya.

1. Makan dengan Teratur

Diet kok tetap makan teratur? Perlu diketahui kalau diet bukan berarti kamu tidak makan ya. Jadwal makan yang teratur akan membuat lambung kamu menyesuaikan diri dan tahu kapan tubuh akan mendapat makanan. Jadi asam lambung akan dikeluarkan pada waktu yang tepat.

Diet untuk Penderita Maag (via Detik)

2. Small Frequent Feeding

Small Frequent Feeding artinya kamu makan dalam jumlah kecil namun sering. Dengan menerapkan cara diet ini, maka lambung tidak akan menghasilkan asam lambung berlebih. Sebaiknya kamu makan 3 kali makan besar dengan 2 kali selingan. Tapi karena tujuan utamanya adalah diet, maka jumlah kalori dalam satu piring juga harus dibatasi ya, jangan terlalu besar.

Diet untuk Penderita Maag (via Alodokter)

3. Hindari Makanan Asam

Mengonsumsi makanan yang bersifat asam seperti nanas, jeruk, lemon, dan lainnya, akan membuat asam lambung kamu naik. Jadi kalau kamu sedang menjalani diet, sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut.

Diet untuk Penderita Maag (via Klikdokter)

4. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Selama diet, pastikan kamu banyak mengonsumsi makanan berserat seperti oatmeal, roti gandum, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Makanan-makanan tersebut dapat membantu mengurangi gejala maag dan mengenyangkan.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara diet untuk penderita maag. Jadi jangan asal diet ya. Karena tujuannya tidak hanya ramping, tapi juga sehat. Buat apa kurus kalau malah sakit-sakitan?

Diet untuk Penderita Maag (via Tempo)