5 Cara Agar Ibu Bekerja Tetap Bisa Dekat dengan Anak

Seorang ibu bekerja tentunya butuh cara agar ibu bekerja tetap bisa dekat dengan anak. Yuk simak intip tips berikut ini!

Menjalankan peran sebagai ibu sekaligus melanjutkan karier sebagai ibu bekerja memang tak selamanya mudah. Kamu harus pintar-pintar membagi waktu agar bisa menyeimbangkan antara tanggung jawab pekerjaan dan mengurus keluarga di rumah. 

Oleh karena itu, dibutuhkan cara agar ibu bekerja tetap bisa dekat dengan anak. Agar hubungan tetap baik dan tumbuh kembang anak tetap sempurna, lakukan 5 cara untuk membangun kedekatan dengan anak, berikut ini:

1. Selalu Punya Quality Time Dengan Anak

Quality time dengan anak tidak harus lama. Bermain 15 menit setiap hari dengan anak sudah dapat dikatakan cukup. Hal yang terpenting adalah kamu harus hadir secara utuh untuk anak dan tanpa gangguan. 

Sebentar saja singkirkan ponsel, matikan laptop, dan berhenti bekerja. Lalu, jika kamu memiliki lebih dari satu anak, sempatkan untuk melakukan ‘kencan’ dengan masing-masing anak di saat yang berbeda. 

Ibu Bekerja Tetap Bisa Dekat dengan Anak (via BukaReview)

2. Makan Bersama

Meski terlihat sepele, menyempatkan waktu untuk makan bersama menjadi momen yang sangat berharga. Jika kamu memiliki waktu saat sarapan, kamu bisa berkumpul dan menanyakan seputar rencana kegiatannya hari ini. Jika memiliki waktu untuk makan bersama di waktu malam, kamu bisa meminta anak untuk menceritakan kegiatannya selama sehari dan membantu memberikan ide dan masukan yang diperlukan anak.

Ibu Bekerja Tetap Bisa Dekat dengan Anak (via Popmama)

3. Hadir di Saat Spesial

Saat spesial bagi anak bukan hanya hari ulang tahunnya. Hari pertamanya masuk sekolah, hari pertandingan olahraganya, atau hari di mana dia tampil di pentas sekolah. 

Intinya, jika hari tersebut menurut anak penting dan dia ingin ibunya hadir, maka usahakan untuk hadir. Mungkin butuh sedikit perjuangan dengan izin dari tempat kerja, namun percayalah anak nantinya akan merasa diutamakan oleh ibunya.

Ibu Bekerja Tetap Bisa Dekat dengan Anak (via Hello Sehat)

4. Luangkan Waktu di Akhir Pekan

Di waktu libur dari pekerjaan, manfaatkan waktu ini untuk aneka aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama anak, misalnya dengan piknik, atau berjalan-jalan di taman.

Ibu Bekerja Tetap Bisa Dekat dengan Anak (via Wolipop)

5. Bacakan Buku Cerita Sebelum Anak Tidur

Menurut sebuah penelitian di National Institute of Child Health and Human Development, AS, mendongeng atau membacakan cerita kepada anak sebelum tidur bisa memicu peningkatan perkembangan otak. 

Bahkan, jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini bisa membantu meningkatkan pengembangan logika berpikir anak. Jadi, sesibuk apapun kegiatan Anda di luar rumah, usahakan selalu punya waktu untuk membacakan buku cerita pada anak sebelum tidur.

Inilah 5 cara agar ibu bekerja tetap bisa dekat dengan anak walaupun tengah disibukkan dengan pekerjaan. Tentunya masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk membangun kedekatan dan membuat anak merasakan kasih sayang. Semoga cara ini bisa membantu.

Ibu Bekerja Tetap Bisa Dekat dengan Anak (via XTRA)