Kisah Nenek Pengemis yang Terjaring Razia Tapi Punya Mobil Avanza dari Hasil Minta-Minta

Kisah Nenek Pengemis yang Terjaring Razia Tapi Punya Mobil Avanza dari Hasil Minta-Minta

Profesi sebagai pengemis memang kelihatannya tak menjanjikan dan tak terhormat ya. Meski begitu, siapa sangka profesi bisa cukup menghasilkan. Seorang nenek pengemis bahkan sanggup beli mobil Avanza keluaran 2018 dari hasil minta-minta.

Si nenek tersebut bahkan biasa diantar jemput ke dan dari lokasi mengemis dengan mobil Avanza itu.

Nenek berinisial SL ini sempat terjaring razia gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades).

# Nenek SL Membeli Mobil Secara Kredit

Menurut informasi, nenek SL merupakan warga Desa Sidorekso, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Ia terjaring razia saat sedang mengemis di perempatan Mayong Jepara pada Selasa 6 September 2022 kemarin.

Penangkapan ini bukan kali pertama, sebab sebelumnya SL juga pernah ditangkap Satpol PP Jepara tapi tak diindahkannya.

Ketika ditanya, SL mengaku memiliki empat anak. Keempat anaknya bekerja di sebuah pabrik rokok di Kota Kretek.

Nenek SL dirazia Satpol PP (murianews.com)

Tiga tahun lalu, bersama anaknya, dia membeli mobil Toyota Avanza 2018 secara kredit. Penghasilan mengemis pun tak menentu.

Minimal Rp150 ribu-200 ribu sehari. Meski begitu, dia pernah mendapat uang sebesar Rp700 ribu dalam waktu 21 jam. Itu saat ia mengemis di depan minimarket Jalan Kartini Jepara.

”Setiap bulan saya bantu bayar kreditan Rp1,5 juta. Sisanya anak-anak. Kreditnya sudah lunas. Mobilnya untuk mobil keluarga,” ungkap dia.

Nenek pengemis diwawancara (gatra.com)

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial (Rehabpelinjamsos), Budi Sulistyawan memaparkan, Kepada nenek itu dan pengemis-pengemis lainnya, Pemkab Jepara akan merehabilitasi sosial mereka.

"Mereka akan direhab di rumah singgah selama dua sampai tiga hari," katanya.

Mobil Avanza 2018 (pencarinafkah.com)