5 Jenis Pekerjaan yang Didominasi Perempuan, Kamu Salah Satunya?

Tidak dapat dipungkiri bahwa perempuan sudah banyak membuat perubahan besar. Lalu pekerjaan apa saja yang kini lebih didominasi oleh perempuan?

Tidak dapat dipungkiri bahwa perempuan sudah banyak membuat perubahan besar. Buktinya adalah dengan banyaknya pekerjaan yang didominasi perempuan. Sebenarnya pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa saja dilakukan oleh laki-laki atau perempuan, namun ternyata perempuan lebih mendominasi dibanding dengan laki-laki. Lantas, pekerjaan apa saja yang kini lebih didominasi oleh perempuan? Berikut daftarnya!

1. Customer Service

Pernah menjadi customer service? Sama seperti Humas, customer service merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang. Namun, bedanya profesi ini untuk layanan pelanggan sebuah perusahaan. Banyak perusahaan yang lebih memilih perempuan untuk menempati posisi ini karena perempuan dinilai lebih lembut dan luwes pada pelanggan mereka.

Pekerjaan yang Didominasi Perempuan (via Glints)

2. Apoteker

Tahukah kamu, apoteker umumnya profesi yang lebih banyak didominasi oleh perempuan, baik di apotek besar atau kecil. Bahkan di rumah sakit atau layanan kesehatan pun yang bertugas sebagai apoteker adalah perempuan, meski tidak semua, namun sebagian besar adalah perempuan.

Pekerjaan yang Didominasi Perempuan (via Assist)

3. Humas

Hubungan Masyarakat atau biasa disingkat humas merupakan pekerjaan yang berhubugan dengan banyak orang. Umumnya humas suatu instansi atau perusahaan adalah seorang perempuan. Hal ini mungkin dikarenakan perempuan dianggap lebih lemah lembut dan luwes ketika harus berhubungan langsung dengan orang di luar instansi tersebut.

Pekerjaan yang Didominasi Perempuan (via Sandi Hasanudin)

Bakers

Tentu kita sering menemui bakers atau pembuat kue perempuan di tempat penjualan roti di pusat perbelanjaan di Indonesia. Tidak hanya bakers-nya saja, namun bagian penjualan dan kasirnya pun semua dikerjakan oleh perempuan.

Pekerjaan yang Didominasi Perempuan (via iStock)

Penulis

Penulis laki-laki tentu saja ada, namun mungkin bisa dihitung jumlahnya. Lain lagi dengan penulis perempuan yang buku-bukunya bertebaran di toko-toko buku. Sulit dipercaya, namun faktanya memang perempuan lebih mendominasi dunia tulis-menulis.

Nah, sekarang sudah tahu apa saja pekerjaan yang didominasi perempuan. Apa salah satu profesi yang disebutkan tadi adalah profesi kamu? Atau kamu juga punya referensi lain tentang pekerjaan yang didominasi kaum Hawa?

Pekerjaan yang Didominasi Perempuan (via Suara)