Awas Masalah Ekonomi Bisa Merusak Hubungan, Coba Deh Atasi dengan Cara Ini!

Masalah ekonomi bisa menimbulkan perasaan negatif sehingga pada akhirnya kalian tak lagi bisa menemukan kebaikan satu sama lain. Bagaimana cara mengatasinya?

Tidak semua orang dilahirkan dengan kekayaan melimpah. Bahkan untuk mereka yang terbiasa hidup berkecukupan, masalah ekonomi bisa saja datang melanda. Berbagai dampak buruk pun bisa muncul, termasuk salah salah satunya keretakan hubungan. 

Banyak orang berusaha mengabaikannya, namun percayalah bahwa masalah ini lebih serius yang kamu kira. Perasaan negatif akan terus menggerogoti hubungan sehingga pada akhirnya kalian tak lagi bisa menemukan kebaikan satu sama lain. Jika memang hal ini terjadi pada hubungan kalian, coba beberapa solusi berikut ini:

1. Mulailah Menerima Keadaan

Kalian tak bisa terus-terusan mengingkari jika masalah keuangan terus menggerogoti hubungan. Karenanya mulaila pasrah dan berusaha mencari solusi bersama. Bicarakan semuanya baik-baik dengan kepala dingin. Jangan terus membahas masalah yang sama.

Masalah Ekonomi dalam Rumah Tangga (via CNN)

2. Jangan Saling Menyalahkan

Sikap seperti ini sangat umum terjadi saat pasangan mengalami masalah ekonomi. Jika kalian merasa benar sendiri, maka masalah takkan selesai. Cobalah untuk mencari solusi bersama-sama.

Masalah Ekonomi dalam Rumah Tangga (via Liputan6)

3. Mulai Mengatur Keuangan

Sekali lagi, setiap masalah perlu solusi. Jika kalian sudah membicarakan dengan kepala dingin dan siap untuk mencari jalan keluar, maka berusahalah konsisten. Jangan mudah terpancing dengan keadaan sehingga saling menyalahkan.

Masalah Ekonomi dalam Rumah Tangga (via Atome)

4. Dahulukan Mana yang Penting

Walau kalian sedang mengalami masalah, namun hidup harus terus berjalan. Selama masa krisis, kalian harus pandai-pandai menempatkan prioritas. Dahulukan kebutuhan yang lebih penting dalam keluarga.

Itulah beberapa solusi yang bisa dilakukan jika kamu dan pasangan sedang mengalami masalah ekonomi. Intinya, kamu dan dia harus kompak menghadapi masalah. Jangan sampai bertindak egois sehingga malah merugikan kedua belah pihak.

Masalah Ekonomi dalam Rumah Tangga (via Kompas)