4 Tips Menjadi Perempuan Mandiri Secara Finansial yang Wajib Kamu Tahu

4 Tips Menjadi Perempuan Mandiri Secara Finansial yang Wajib Kamu Tahu

Menjadi perempuan mandiri secara finansial  itu penting, karena dengan begitu, kamu tidak perlu menggantungkan nasib kepada orang lain. Sebenarnya tidak hanya perempuan, tapi semua orang harus mandiri secara finansial tanpa melihat status sosial dan jenis kelamin.

Perempuan yang berhasil mandiri secara finansial, artinya kamu tidak hanya bisa menghasilkan uang, tapi kamu juga bisa mengelola sendiri uang tersebut. Lagipula, mandiri secara finansial juga akan membuat kamu lebih leluasa untuk melakukan rencana-rencana sesuai keinginan dan tujuan hidup.

Lantas bagaimana ya caranya agar perempuan bisa mandiri secara finansial? Yuk, cari tahu tipsnya berikut ini!

1. Berpenghasilan Sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi perempuan mandiri secara finansial adalah dengan berpenghasilan sendiri. Perempuan dengan penghasilan sendiri memiliki kelebihan yang istimewa. Salah satunya adalah membantu perekonomian keluarga.

Zaman sekarang sudah banyak cara yang bisa dilakukan perempuan untuk mendapatkan penghasilan meski hanya di rumah saja, misalnya seperti jualan online, bekerja part time tanpa harus ke kantor, dan masih banyak lagi.

2. Memiliki Tabungan

perempuan Mandiri Secara Finansial (via Sonora)

Jika kamu adalah perempuan berpenghasilan, artinya kamu harus pandai menabung. Kelola penghasilan kamu dengan bijak, agar kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Minimalisir pengeluaran yang tidak seberapa penting, dan jangan lupa untuk mencatatnya agar kamu tahu kemana saja uang yang kamu keluarkan.

3. Berinvestasi

Perempuan Mandiri Secara Finansial (via RuangMom)

Tidak hanya laki-laki, tapi perempuan juga harus paham tentang apa itu investasi. Dengan berinvestasi maka keuangan kamu akan lebih terarah, dan cara ini memungkinkan kamu memiliki jaminan masa depan yang cerah. Kamu bisa berinvestasi dengan emas, saham, reksadana, dan deposito.

4. Memiliki Dana Pensiun

Perempuan Mandiri Secara Finansial (via Majoo)

Dana pensiun dipersiapkan untuk menopang masa tua, ketika kamu sudah tidak lagi produktif. Oleh sebab itu, persiapkan dana pensiun dari sekarang agar kamu tidak khawatir di kemudian hari. Mulai saat ini sisihkan sedikit demi sedikit dana pensiun kamu, agar tidak terlalu memberatkan. Karena yang terkumpul sedikit lama-lama akan menjadi bukit.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menjadi perempuan mandiri secara finansial ? Yuk mulai dari sekarang agar kamu enggak perlu keteteran di kemudian hari!

Perempuan Mandiri Secara Finansial (via Kompas)