Kisah Seorang Istri yang Menang Persidangan dan Minta Simpanan Suami untuk Bayar Rp8,3 M

Kisah Seorang Istri yang Menang Persidangan dan Minta Simpanan Suami untuk Bayar Rp8,3 M

Baru-baru ini di Zhuanghe, Liaoning, China, sebuah pengadilan menjatuhkan sebuah keputusan terhadap seorang perempuan simpanan. Menariknya, keputusan tersebut berupa tuntutan membayar ganti rugi hingga Rp8,3 miliar kepada sang istri sah. Hal itu lantaran si simpanan memiliki hubungan tidak sah secara hukum dengan suami orang.

Prahara rumah tangga ini diawali ketika sang wanita mendapati Wang, suami yang sudah dinikahinya sejak 1991 itu berselingkuh hingga menikah siri dengan perempuan lain bernama Xiaoxia pada tahun 2008.

# Wang Ketahuan Kirim Uang Bulanan ke Selingkuhan

Li pertama kali mengetahui Wang berselingkuh dari riwayat pengiriman uang yang dikirimkan Wang ke Xiaoxia tiap bulannya. Wang yang kepergok istrinya pun akhirnya mengaku.

Tak hanya mengaku menikahi wanita lain secara siri. Wang pun mengaku sudah memiliki anak dengan Xiaoxia yang saat itu bahkan sudah berusia 10 tahun. Diketahui, uang kiriman itu merupakan nafkah dari Wang untuk keluarga kecil tidak sahnya itu.

Ilustrasi tentang perselingkuhan (travel.detik.com)

Menurut bukti-bukti yang diajukan ke persidangan. Wang telah mengirim total 1,47 juta yuan atau setara Rp3,2 miliar ke Xiaoxia sejak 2013-2020. Selain itu, Wang juga membelikan dua apartemen dengan harga 1,45 juta Yuan setara 3,1 miliar dan menghadiahi mobil 870.000 Yuan atau setara Rp1,9 miliar.

# Xiaoxia Tidak Tahu Jika Wang Sudah Menikah

Uang Yuan China (liputan6.com)

Anehnya, Xiaoxia mengaku tak pernah tahu jika Wang sudah menikah. Sehingga uang dari Wang ia anggap sebagai nafkah. Sementara, pengadilan mengatakan bahwa itu bukan nafkah melainkan kepemilikan aset.

Padahal dalam hukum China diatur bahwa dalam pernikahan tidak boleh menghabiskan harta bersama tanpa persetujuan salah satu pasangan.

Karena Li, istri sah, tidak setuju dengan aksi Wang, Xiaoxia mesti mengembalikan uang 3,79 juta yuan atau setara Rp8,3 miliar.

Pengadilan mengatakan bahwa Xiaoxia masih punya opsi mengajukan kasus terpisah untuk menuntut Wang mengenai tunjangan anak. Namun, mengenai kasus dengan Li akan tetap berjalan.

Kantor pengadilan di China (bolong.id)