4 Makanan yang Diam-Diam Bisa Bikin Panjang Umur, Kok Bisa?

4 Makanan yang Diam-Diam Bisa Bikin Panjang Umur, Kok Bisa?

Gaya hidup sehat adalah kunci untuk harapan hidup yang lebih tinggi. Selain dengan olahraga yang teratur, makanan yang dikonsumsi sehar-hari juga sangat menentukan tingkat kebugaran tubuh. Karenanya, semua orang sebaiknya hanya menyantap asupan  yang bergizi.

Di antara sekian banyak bahan makanan, ternyata ada lho yang diam-diam membantu meningkatkan imun tubuh, memelihara kesehatan organ, hingga pada akhirnya membuatmu sehat dan berumur panjang. Terlepas dari takdir Tuhan soal usia manusia, tidak ada salahnya kan jika kita berusaha tetap sehat dan bugar!

1. Jamur

Selain lezat dan mudah didapat, ternyata jamur juga memiliki beragam manfaat. Di dalamnya terdapat aromatase inhibitor yang membantu menghambat produksi estrogen pada perempuan. Sebagaimana diketahui, estrogen berlebihan pada tubuh bisa memicu disfunsgi tiroid, kenaikan berat badan, hingga mudah lelah. Selain itu, jamur juga memiliki kandungan anti kanker jika dimasak dengan benar.

2. Kacang-kacangan

Makanan yang Bikin Panjang (via Detik)

Bahan makanan ini juga sangat populer baik untuk hidangan berat, lauk, maupun membuat camilan. Kabar baiknya, kacang-kacangan juga mengandung nutrisi, seperti serat, lemak baik, dan antioksidan. Kandungan glikemiknya juga sangat rendah sehingga baik untuk jantung, membantu mencegah diabetes, serta baik untuk diet.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Makanan yang Bikin Panjang (via KapanLagi)

Masakan Indonesia pastinya akan terasa hambar tanpa bawang merah dan bawang putih. Lebih dari itu, bumbu dapur ini ternyata mengandung senyawa organosulfur yang membantu mencegah inflamasi dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Konsumsi bawang secara rutin teratur juga akan membuat jantung sehat dan terhindar dari diabetes.

7. Tomat

Makanan yang Bikin Panjang (via Liputan6)

Warnanya yang merah segar membuatnya populer sebagai hiasan pada makanan. Namun jangan sekali-kali membuang irisan tomat karena buah ini ternyata memiliki kandungan nutrisi luar biasa. Dengan konsumsi tomat secara teratur, kamu bisa mendapat asupan vitamin C dan E, antioksidan flavonoid, betakaroten, bahkan likopen yang baik untuk kesehatan kulit. Untuk mendapat nutrisi terbaik, sebaiknya kamu memakannya secara langsung tanpa dimasak.

Itulah beberapa bahan makanan yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, namun ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Selain bahan-bahan di atas, pastinya masih banyak asupan  lain yang bisa membuatmu bugar dan panjang umur. Jangan lupa untuk cari tahu lebih banyak, ya!

Makanan yang Bikin Panjang (via Tomat)