5 Alasan Rencana Kehidupan Perlu Kamu Susun Sejak Usia 20-an

5 Alasan Rencana Kehidupan Perlu Kamu Susun Sejak Usia 20-an

Kamu mungkin pernah mendengar nasihat dari beberapa orang kalo masa muda sebaiknya dinikmatin untuk main sepuas mungkin. Tetapi, kalo kamu punya prinsip seperti itu dan benar-benar diisi dengan hanya bermain saja, yang ada kamu bisa menyesal karena sudah menyia-nyiakan banyak waktu.

Idealnya, ketika kamu menginjak usia 20-an, kamu sudah menyiapkan rancangan kehidupan untuk masa mendatang. Selain itu, ada banyak alasan lain kenapa kamu mesti menyiapkannya secepat mungkin, yaitu:

# Usia yang tepat untuk bekerja lebih keras

Alasan pertama ialah karena di saat kamu berusia 20-an, di umur tersebut kamu masih bisa memiliki tekad kuat untuk bekerja keras mencapai sesuatu. Meskipun kamu udah bisa berpikir lebih bijak layaknya orang dewasa, tetapi di saat usia 20-an, kemungkinan besar kamu masih punya banyak semangat dan tekad yang membara.

# Kekhawatiran soal hidup yang masih sedikit

Kamu masih belum menikah, dan masih fokus untuk mengenyam pendidikan. Nah di waktu inilah kamu bisa merancang sebaik mungkin bagaimana kehidupanmu nanti di masa depan. Sebab, kamu belum punya banyak tanggung jawab seperti saat kamu berusia di atas 30 nanti.

# Lebih memahami life goals yang ingin dicapai

Kekhawatiran soal hidup yang masih sedikit (pexels.com)

Kalo kamu udah prepare rancangan hidup dari usia 20-an, kamu bisa tau jalan mana yang paling tepat untuk mencapai tujuan hidup. Sebab, kamu punya banyak waktu buat mencari referensi, belajar atau mencari banyak kesempatan sehingga kamu nggak salah pilih jalan.

# Masa mudamu bisa digunakan secara maksimal untuk mencapai life goals

Tidak salah kalo masa muda sebaiknya dinikmati selagi bisa. Tetapi, bukan berarti kamu menggunakan seluruh waktumu untuk main-main doang, ya. Itu artinya sama aja kamu menyia-nyiakan waktu emasmu untuk merencanakan masa depan. Apalagi kalo saat ini kamu punya banyak skill dan keunggulan. Kamu bisa banget menggunakan waktumu untuk mengembangkannya hingga kamu sukses.

# Punya kesempatan buat merubah life goals

Lebih memahami life goals yang ingin dicapai (pexels.com)

Di saat masih berusia 20-an, kamu masih punya banyak waktu buat merubah semua rencanamu. Jangan sampai nih, kamu terlalu santai dan menyepelekan waktumu yang ada, sehingga saat sudah menginjak usia di atas 30, kamu baru sadar kalo rencanamu selama ini belum matang. Atau, life goalsmu tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Itu sebabnya, pakai waktumu yang masih banyak ini untuk mencari apa yang benar-benar kamu inginkan dalam hidup. Supaya nggak salah pilih.

Punya kesempatan buat merubah life goals (pexels.com)