Begini Sejarah Orang Jawa Suka Makanan dengan Rasa Manis

Begini Sejarah Orang Jawa Suka Makanan dengan Rasa Manis

Semua sepakat kalau orang Jawa  suka makanan manis. Makanan khas Jawa memang bercita rasa manis seperti gudeg, tahu dan tempe bacem, mi goreng jowo, bahkan sambal Jawa pun dianggap punya rasa manis yang begitu kuat. Ternyata ada sejarahnya kenapa orang Jawa suka makanan manis.

Dilansir dari Detik, hal itu bermula saat masa penjajahan kolonial Belanda. Saat itu Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Van der Bosch menerapkan sistem tanam paksa atau dalam bahasa Belanda disebut Cultuurstelsel. Tujuannya agar Hindia Belanda dapat uang setelah kondisi mereka morat-marut setelah perang panjang lawan Pangeran Diponegoro.

Van der Bosh akhirnya memerintahkan semua petani di pulau Jawa pada waktu itu untuk menanam tanaman untuk ekspor yang bisa menguntungkan Hindia Belanda karena akan dijual ke luar negeri dengan harga yang tinggi. Tanaman yang paling laris adalah tebu, kopi, dan teh.

Hindia Belanda membagi-bagi wilayah tanam dari Jawa Barat sampai Jawa Timur. Petani di Jawa Barat diwajibkan menanam teh dan petani di Jawa Tengah dan Jawa Timur menanam tebu. Sebab tanah di Jawa Tengah dan Jawa Timur sangat cocok ditanam tebu.

Sistem tanam paksa berlangsung selama 9 tahun dimana 70 persen total sawah di Jawa Tengah dan Jawa Timur diubahnya menjadi perkebunan tebu. Hal itu membuat banyak daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur muncul pabrik-pabrik gula yang jumlahnya sangat banyak.

Ternyata tanam paksa mendatangkan hal buruk bagi orang di Jawa. Banyak dari mereka yang mengalami kelaparan. Selama 40 tahun dari 1830-1870 di tanah Jawa khususnya kawasan tengah dan timur mengalami krisis pangan. Mereka mancari cara untuk bisa bertahan hidup, salah satunya dengan mengelola tebu.

Begini Sejarah Orang Jawa Suka Makanan dengan Rasa Manis (Liputan6.com)

Akhirnya semua makanan yang dimasak dan dimakan orang Jawa selalu dicampur dengan air perasan tebu. Makanya sejak saat itu sampai sekarang orang Jawa memang menyukai makanan dengan rasa yang manis.

Jika orang Jawa Tengah dan Jawa Timur suka makan makanan manis, berbeda dengan orang Jawa Barat atau Sunda. Orang Jawa Barat lebih suka mencicipi makanan yang tidak manis melainkan pedas. Termasuk makanan yang diambil dari alam, seperti lalapan yang bahannya dari sayur-sayuran. Makanya orang Sunda identik dengan lalapan.

Begini Sejarah Orang Jawa Suka Makanan dengan Rasa Manis (Kumparan)