Tips Mengajukan KPR agar Disetujui Bank, Nyaris Tanpa Ditolak!

Tips Mengajukan KPR agar Disetujui Bank, Nyaris Tanpa Ditolak!

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, terutama bagi yang sudah berkeluarga. Tidak heran jika banyak  keluarga muda yang mengajukan KPR sebagai solusi untuk memiliki rumah dengan cara kredit. Lantas, bagaimanakah tips mengajukan KPR  agar bisa langsung disetujui oleh bank? Yuk intip tips berikut ini!

1. Lengkapi Syarat dan Dokumen

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar KPR kamu disetujui Bank adalah dengan melengkapi syarat dan dokumen yang diperlukan. Jangan sampai ada dokumen yang terlewat agar pengajuan KPR berjalan mulus dan cepat.

2. Riwayat Kredit Bersih

Sebelum mengajukan KPR, pastikan terlebih dahulu apakah riwayat kredit atas nama kamu bersih. Karena bank juga akan memeriksa riwayat kredit kamu melalui BI checking atau (SLIK) OJK.

Nah setelah memeriksa riwayat kredit kamu dan ditemukan bahwa kamu tidak disiplin dalam membayar cicilan sebelumnya, maka pengajuan KPR kamu kemungkinan besar ditolak.

3. Melunasi Semua Hutang Berjalan

Tips Mengajukan KPR (via Rumah123)

Agar KPR kamu mendapatkan peluang besar untuk disetujui, sebaiknya kamu melunasi semua hutang bank yang masih ada. Karena bank enggak cuma cek riwayat kredit kamu saja, tapi juga akan menilai kemampuan kamu dalam membayar cicilan. Bank biasanya akan menyetujui KPR kamu jika total kredit yang kamu miliki tidak lebih 30% dari total penghasilan kamu sebulan.

4. Sesuaikan Harga Rumah

Menyesuaikan harga rumah dengan kemampuan keuangan kamu akan membuat KPR kamu mudah disetujui. Karena Bank menilai keuangan kamu mampu untuk membayar cicilan dan mencukupi kebutuhan.

5. Ajukan KPR di Saat yang Tepat

Tips Mengajukan KPR (via Finansialku)

Waktu yang tepat untuk mengajukan KPR adalah ketika kondisi keuangan kamu sedang bagus-bagusnya. Atau kamu bisa mengajukan KPR pada minggu ketiga atau keempat. Karena pada minggu-minggu itu, bank akan semakin getol mengejar target penyaluran kredit bulanan. Jadi kemungkinan KPR kamu disetujui itu besar.

Nah itu tadi tips mengajukan KPR  agar disetujui bank. Agar lolos pengecekan bank, kamu memang harus mengetahui trik dan syaratnya. Semoga tips ini cukup membantu ya!

Tips Mengajukan KPR (via Suara)