5 Ide Menu Sarapan Sehat Yang Rendah Kolesterol Tapi Gampang Dibuat, Yuk Dicoba!

5 Ide Menu Sarapan Sehat Yang Rendah Kolesterol Tapi Gampang Dibuat, Yuk Dicoba!

Sarapan  merupakan waktu makan terpenting. Pasalnya, sarapan bisa membantu metabolisme dan membakar kalori setiap hari. Melewatkan sarapan tidak hanya meningkatkan rasa lapar, tapi juga mempengaruhi kadar kolesterol. Sebuah penelitian pernah menemukan orang yang kelebihan berat badan dan tidak sarapan memiliki kadar kolesterol total yang sangat tinggi.

Akan tetapi, makanan yang dipilih untuk sarapan juga sangat berpengaruh pada kolesterol tubuh. Jadi, usahakan untuk memilih asupan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Seiring dengan itu, berikut 5 ide menu sarapan sehat yang rendah kolesterol namun tetap enak. Yuk di scroll!

1.    Oatmeal

Menu sarapan ini mungkin sudah tidak asing buat kamu. Oatmeal diketahui mengandung serat larut yang akan menempel pada kolesterol di saluran pencernaan sehingga membantu mengeluarkannya dari tubuh. Untuk sarapan oatmeal yang lebih sehat dan nikmat, kamu bisa menikmatinya dengan menambahkan irisan buah segar ataupun kacang-kacangan.

2.    Susu Almond

Minum susu saat sarapan memang sangat baik untuk kesehatan. Tapi khusus buat kamu yang punya masalah kolesterol, disarankan untuk mengonsumsi susu kacang almond yang dikenal mampu menurunkan kolesterol.

Hal ini juga dibuktikan dari penelitian Harvard Health Publishing yang mengatakan konsumsi 2 ons kacang almond setiap hari bisa menurunkan kolesterol LDL sekitar 5 persen. Sementara itu, 50 persen berat almond berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang berhubungan dengan penurunan kolesterol jahat.

3.    Roti Alpukat

Foto: Ide Menu Sarapan (Beritabaik.id)

Berbicara sarapan, tentu tidak lepas dari roti. Banyak orang yang memilih roti untuk sarapan. Untuk membantu menurunkan kolesterol, kamu bisa menambahkan selain alpukat di atas roti. Menu ini bisa memberikan sensasi juicy dan menyehatkan. Menariknya lagi, dalam Journal of American Heart Association pernah memuat sebuah studi di tahun 2015 yang menemukan bahwa konsumsi alpukat setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada orang kelebihan berat badan atau obesitas.

4.    Smoothies

Banyak orang yang memilih sarapan dengan smoothies karena selain mengenyangkan, minuman ini juga mudah dibuat. Namun untuk smoothies rendah kolesterol, kamu dianjurkan untuk membuat smoothies dengan buah mangga dan jeruk. Sebab, kedua buah itu memiliki kandungan serat yang mampu menurunkan kolesterol.

Selain itu, mangga dan jeruk juga buah yang tinggi kandungan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh dan berperan sebagai antioksidan. Kalau ingin menambahkan susu, disarankan untuk memakai susu kedelai yang punya kandungan sebagai sumber energi, sehingga kamu bisa kenyang lebih lama. Terlebih lagi, kandungan inhibitor tripsin pada susu kedelai juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5.    Putih Telur dan Bayam

Foto: Ide Menu Sarapan (Tempo.co)

Telur terkenal tinggi kolesterol, tapi kolesterol itu hanya terkandung dalam kuning telurnya. Sehingga, konsumsi putih telur tetap aman untuk kesehatan. Agar tidak membosankan, kamu bisa memasak putih telur dengan diorak-arik dan dicampur dengan bayam. Menu ini bisa jadi pilihan untuk sarapan sehat, praktis, dan lezat untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Foto: Ide Menu Sarapan (Kumparan)