6 Tips Memotret Makanan yang Instagramable, Cuma Modal Kamera HP!

Mengunggah foto di media sosial sudah menjadi sebuah kebiasaan. Lantas bagaimana tips memotret makanan walaupun hanya memakai HP?

Zaman sekarang, enggak afdol rasanya kalau tidak upload foto makanan di media sosial sebelum makan. Nah biar hasil fotomu kece badai, kamu harus tahu bagaimana tips memotret makanan  meski hanya pakai kamera HP.

Jangan memandang sebelah mata kamera HP ya. Dengan beberapa tips and trik berikut ini, kamu bisa menghasilkan foto super estetik dan instagramable yang bisa mengundang banyak follower. Mau tahu? Berikut ini tipsnya.

1. Perhatikan Angle Foto

Memotret makanan dengan kamera HP, artinya kamu wajib memperhatikan angle foto. Dari pada memotret dari sudut 45 derajat, lebih baik kamu mengambil gambar dari atas makanan. Sehingga foto makanan kamu lebih jelas dan fokus.

2. Perhatikan Arah Cahaya

Tips Memotret Makanan (via RoomMe)

Cahaya adalah bagian penting saat memotret. Ketika memotret makanan, lebih baik kamu mengandalkan cahaya yang berasal dari samping atau belakang. Cahaya dari posisi ini akan memberikan dimensi pada objek foto kamu.

3. Gunakan Aturan Rule of Third

Tips Memotret Makanan (via Gaya Tempo)

Rule of third merupakan komposisi dalam fotografi dengan 3 objek foto yang sama besarnya. Objek tersebut ditata sedemikian rupa secara vertika atau horizontal hingga menemukan 4 titik fokus. 4 titik inilah yang nantikan akan cenderung dilihat dibanding area foto yang lain.

4. Memilih Properti yang Tepat

Tips Memotret Makanan (via mrfdn)

Properti saat memotret makanan itu penting agar foto tidak terlihat sepi. Tapi juga jangan terlalu banyak ya. Perlu diingat, pilihlah properti foto yang ukurannya tidak lebih besar dari objek utama. Karena jika terlalu besar, maka fokus foto justru pada properti bukan objek utama.

5. Jangan Gunakan Flash

Tips Memotret Makanan (via Ngalup)

Memotret makanan dengan menggunakan flash akan menghasilkan foto dengan warna yang berbeda. Selain itu, ada bayangan objek yang harusnya tidak ada.

6. Lupakan Fitur Zoom

Tips Memotret Makanan (via JSP)

Memotret makanan dengan menggunakan fitur zoom akan membuat resolusi foto menjadi rendah dan enggak tajam. Lebih baik dekatkan kamera pada objek makanan, cari posisi yang pas, lalu potret.

Nah itu tadi beberapa tips memotret makanan  buat kamu yang bermodalkan kamera HP. Meski begitu, hasilnya akan tetap keren kalau kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan tadi.

Tips Memotret Makanan (via Hipwee)