Bikin Hidup Lebih Tenang, Ini 4 Gerakan Yoga yang Bisa Bantu Redakan Stres

Bikin Hidup Lebih Tenang, Ini 4 Gerakan Yoga yang Bisa Bantu Redakan Stres

Ketika kamu merasakan tekanan pikiran yang terlalu berat, mungkin kamu bisa mencoba melakukan gerakan yoga  yang bisa bantu redakan stres. Setidaknya relaksasi akan membuat pikiran kamu lebih tenang.

Melakukan gerakan yoga ternyata mempengaruhi tiga aspek dalam diri, yaitu tubuh, pikiran, dan pernapasan. Gerakan-gerakan yoga dipercaya tidak hanya mampu mengurangi stres, tapi juga menurunkan tekanan darah, dan mengembalikan detak jantung dalam kondisi normal. Lantas gerakan yoga seperti apa yang bisa bantu redakan stres?

1. Forward Bend

Forward Bend merupakan gerakan menekuk ke depan yang bermanfaat meningkatkan pernapasan. Caranya duduk dalam posisi bersila, kemudian condongkan badan ke depan, kedua tangan lurus ke depan, dan wajah menghadap ke lantai. Pertahankan posisi ini hingga lima tarikan napas, kemudian berdiri perlahan.

2. Standing Forward Bend with Opener Shoulder

Gerakan Yoga (via Yoga by D)

 

Gerakan selanjutnya adalah Standing Forward Bend with Opener Shoulder. Gerakan ini bermanfaat meningkatkan fungsi pernapasan dan bantu hilangkan stres. Caranya, berdiri dari gerakan forward bend, lalu arahkan kedua tangan ke belakang punggung sambil jalin jari-jari tangan. Angkat kedua tangan, tahan hingga 5 tarika napas, kemudian lepaskan.

3. Wide-Legged Standing Forward Bend

Kalau gerakan yang satu ini tidak hanya sukses redakan stres, tapi juga bisa mengurangi tekanan pada kepala. Caranya mudah, buka lebar kedua kaki, luruskan badan ke depan dengan posisi wajah menghadap ke kaki terbuka tadi. Lalu posisikan tangan hingga menyentuh betis. Pertahankan posisi ini hingga 10 tarikan napas.

4. Side Stretch

Gerakan Yoga (via Gym Guider)

Side Stretch sangat bermanfaat untuk melepas stres pada leher, kepala, dan bahu. Mulai gerakan dengan duduk bersila, angkat kedua tangan dari lantai, posisikan di samping telinga. Lalu gerakkan tubuh ke sisi kiri dan kanan secara bergantian.

Nah itu tadi 4 gerakan yoga  yang bisa membantu redakan stres. Lakukan setiap hari dan dapatkan hidup yang lebih berkualitas.

Gerakan Yoga (via Health Tips)