Inilah 5 Misteri Dunia Penerbangan yang Teka-Tekinya Belum Pernah Terjawab (Bagian 2)

Inilah deretan misteri dunia penerbangan yang teka-tekinya belum pernah terjawab. Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Dunia penerbangan punya sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga kini. Dalam ulasan ini, misteri tersebut terjadi karena hilang kontak. Kasus ini gak cuma terjadi satu-dua kali di dunia.

Sebelumnya telah di bahas 5 misteri dunia penerbangan yang teka-tekinya belum pernah terjawab. Kalo gitu, kita lanjutkan bagian keduanya gengs. Simak deh.

6. Pesawat Aer Lingus 712

Pesawat Aer Lingus 712 mengalami kecelakaan pada 1968 silam. Semua penumpangnya tewas, jumlahnya 61 orang. Berdasarkan penyelidikan terdapat sesuatu yang janggal dari jatuhnya pesawat tersebut.

Ekor kiri pesawat menunjukkan korosi serius. Sejumlah orang pun mengklaim bahwa pesawat itu jatuh karena rudal Inggris.

Setelah setengah abad kemudian, siapapun masih belum mengetahui persisnya kenapa pesawat itu jatuh. Teori tentang rudal Inggris pun dikunci sebagai dugaan kuat dari kecelakaan tersebut.

Pesawat Aer Lingus (twitter.com)

7. Pesawat Pan Am 7

Pan Am 7 tahun 1957 silam, menyediakan sebuah perjalanan paling mewah di dunia. Penerbangan itu bahkan diumumkan sebagai penerbangan paling romantis di Bumi.

Tetapi pesawat itu kemudian menghilang tanpa jejak pada suatu hari ketika melakukan perjalanan rutin dari California ke Hawaii, AS. Pencarian pun dilakukan selama 5 hari.

Setelah itu, bangkai pesawat ditemukan bermil-mil jauhnya hanyut di laut. Namun, sejumlah pertanyaan ikut bermunculan. Beberapa menyebut bahwa kejadian ini disebabkan keracunan karbon monoksida. 

Meski begitu, kejadian ini juga masuk dalam daftar misteri dunia penerbangan yang belum pernah terkuak.

Pesawat Pan Am flight 7 (edcoatescollection.som)

8. Pesawat Tiger Line 739

Tahun 1962, konstelasi Lockheed membawa 96 tentara dan 11 awak. Mereka lepas landas di Samudra Pasifik dan setelah itu menghilang selamanya.

Setelah itu, pihak militer melakukan misi pencarian dan penyelamatan terbesar dalam sejarah Pasifik. Sayangnya, tak satu orang pun berhasil ditemukan.

Sejumlah spekulasi menyebut bahwa penerbangan itu telah dibajak, disabotase. Dan, tak ada bukti kuat lainnya.

Sementara para pelaut dari kapal tanker Liberia sempat melaporkan melihat bola api yang muncul di laut. Dugaan itu mengarah kepada pesawat Tiger Line 739 yang meledak. Namun situasi ini tak terkonfirmasi hingga kini.

Pesawat Tiger Line (flickr.com)

9. Pembajakan pesawat oleh D. B. Cooper

Seorang pria tak dikenal isebut sebagai D. B. Cooper. Pria ini disebut-sebut sebagai pembajak pesawat Boeing 727 dalam penerbangan dari Portland menuju Seattle, AS pada 24 November 1971.

Cooper sempat mengambil kendali pesawat dan meminta uang tebusan sebesar 200 ribu dollar AS jika ingin semua penumpang di pesawat itu selamat. Kemudian, Cooper meminta pilot untuk terbang rendah di atas Meksiko.

Setelah itu, Cooper terjun payung dari pesawat dan benar-benar lenyap. Pencarian pun dilakukan, namun Cooper tak pernah terendus jejaknya. Siapa pria itu pun masih misteri, sebab ia memesan tiket penerbangan atas nama Dan Cooper. Terus ngapain ya dia?

Poster pencarian D. B. Cooper (newsmax.com)

10. Pesawat Star Dust

Pesawat Star Dust hilang pada 1947. Star Dust saat itu membawa 11 penumpang dan pencariannya tak membuahkan hasil. Deretan asumsi pun muncul seperti sabotase hingga penculikan alien.

Namun, sekitar 50 tahun kemudian, misteri dunia penerbangan dalam kasus ini terungkap. Persisnya setelah es glasial di Pegunungan Andes meleleh tauhn 1999 lalu. Bangkai pesawat Star Dust pun ditemukan di sana.

Setelah itu diketahui bahwa pesawat itu jatuh ke pegunungan bersalju dan langsung terkubur timbunan salju. Jadi, misteri dunia penerbangan untuk kasus ini barulah terungkap setelah setengah abad kemudian.

Bagaimana dengan pesawat lain yang menghilang? Malaysia Airlines MH370 misalnya. Mungkin membutuhkan waktu yang lama sampai misteri itu bisa terungkap.

Pesawat Star Dust (newsbeast.gr)