Begini Lho Cara Membagikan Password Wifi Lewat Scan QR Code di Android, Gak Perlu Ngetik Segala

Begini Lho Cara Membagikan Password Wifi Lewat Scan QR Code di Android, Gak Perlu Ngetik Segala

Mengunjungi teman atau mengundang tamu mungkin bukan ide yang bagus karena pandemi virus corona. Tetapi jika kamu kebetulan mengunjungi tempat baru atau memiliki tamu di rumah, membagikan kata sandi Wi-Fi sering dianggap merepotkan.

Beberapa pengguna masih menggunakan cara kuno untuk mengetik kata sandi, dan sejujurnya, kamu sudah tidak boleh mengetik kata sandi secara manual pada tahun 2021. Dengan Android 10, Android mengadopsi mekanisme kode QR untuk berbagi kata sandi Wi-Fi, dan hari ini.

Untuk mempelajari cara menggunakan fitur berbagi password Wifi via QR Code di ponsel Android, simak artikel ini sampai akhir ya!

# Cara Membagikan Kata Sandi Wi-Fi Menggunakan Kode QR di Android

Jika kamu memiliki ponsel Android yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi, kamu dapat menggunakan protokol Wi-Fi Easy Connect dari Wi-Fi Alliance untuk membagikan kata sandi dengan mulus melalui kode QR. Implementasi serupa mungkin juga tersedia di ponsel Android lama yang menjalankan skin kustom tertentu seperti MIUI.

Berikut cara yang bisa kamu ikuti:

Cara Melihat QR Code Wi-fi

Contoh QR Code password wi-fi (android.gadgethacks.com)

1. Buka aplikasi Pengaturan ponsel dan buka pengaturan Wi-Fi. Ketuk jaringan Wi-Fi dari daftar koneksi yang tersedia untuk membuka halaman khusus. Di sini, kamu akan melihat tombol 'Bagikan' dengan ikon kode QR. Ketuk untuk melanjutkan lebih jauh.

2. Segera setelah kamu mengetuk tombol Bagikan, perangkat ponselmu akan memerlukan otentikasi untuk memastikan itu benar-benar dirimu. kamu dapat menggunakan PIN perangkat atau sidik jari untuk mengotorisasi permintaan pembuatan kode QR. Setelah otentikasi selesai, kamu akan melihat kode QR jaringan Wi-Fi.

Cara Scan QR Code Wi-fi

1. Sekarang setelah kamu bisa melihat kode QR password Wi-fi, sekarang saatnya membiarkan tamu memindainya. Untuk melakukannya, ketuk ikon kode QR di sebelah 'Tambah jaringan' di pengaturan Wi-Fi. Dari antarmuka pemindaian kode QR, pindai kode QR yang baru saja kamu buat di perangkat lain.

Cara membagikan password Wi-Fi (tips.make.com)

2. Kamu juga dapat mengetuk SSID jaringan Wi-Fi target dan kemudian menekan ikon kode QR di sebelah kotak teks kata sandi untuk mengakses antarmuka pemindaian kode QR. Karena ini melibatkan beberapa ketukan tambahan untuk mengakses pengaturan yang sama, saya sarankan kamu tetap menggunakan metode pertama.

Begitulah caramu dapat dengan mudah berbagi kode QR dengan teman, tamu, atau keluarga. Seperti yang baru saja kamu lihat, berbagi kata sandi Wi-Fi tidak lagi merepotkan di Android, jadi tak perlu lagi tuh memasukkan kata sandi secara manual.

Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat!

Scan QR Code password wifi (appleinsider.com)