Enggak Cuma Pantai, Ini 5 Tempat Wisata Islam di Bali

Enggak Cuma Pantai, Ini 5 Tempat Wisata Islam di Bali

Sudah menjadi rahasia umum kalau Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata seperti pantai dan pura. Karena mayoritas penduduknya beragama Hindu, bangunan dan adatnya pun semua kental dengan kepercayaan masyarakat kebanyakan. Namun, ternyata ada lho tempat wisata islam di Bali . Berikut ini 5 tempat islam di Bali yang bisa kamu kunjungi.

1. Kampung Gelgel, Klungkung

Di Bali kamu bisa menemukan masjid tertua di sana, yakni masjid Nurul Huda yang terletak di Kampung Gelgel, Klungkung. Kalau mengunjungi kampung ini, kamu akan menikmati pertunjukan Tari Rudat yang bercerita tentang kedekatan Raja dan prajuritnya. Kisah ini berkaitan dengan sejarah peradaban umat Islam ketika pertama kali tersebar di pulau Bali.

2. Desa Pegayaman, Buleleng

Tempat Wisata Islam di Bali (via mycity)

Di sini kamu bisa beribadah di Masjid Safinatussalam. Masjid ini adalah masjid tertua di desa ini. Di Desa Pegayaman, Buleleng ini kamu bisa mengunjungi komunitas bernama Nyama Selam. Mereka biasanya melakukan tradisi islam di Bali.

3. Masjid Al Qomar, Denpasar

Tempat Wisata Islam di Bali (via NU Online)

Masjid Al Qomar, Denpasar ini dulunya adalah sebuah mushola yang di desain mirip dengan pura yang dikombinasi dengan masjid Demak. Bentuk masjid tersebut melambangkan  hubungan harmonis antar umat islam.

4. Masjid Al-Hidayah, Bedugul

Tempat Wisata Islam di Bali (via Beritabali)

Masjid Al-Hidayah, Bedugul ini memiliki gaya arsitektur khas Bali. Selain sebagai tempat ibadah, masjid dengan pemandangan Danau Beratan ini juga biasanya dikunjungi sebagai wisata religi.

5. Masjid Agung Ibnu Batutah

 

Tempat Wisata Islam di Bali (via Muslim Travel News)

Masjid Agung yang berada di Wisata Puja Mandala ini dibangun bersebelahan dengan tempat ibadah agama lain. Di sini kamu bisa melihat kerukunan antar umat beragama.

Masjid ini memiliki keunikan yaitu berupa atap masjid yang saling tumpang tindih. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung Alquran terbesar yang berada di kompleks pusat pendidikan dan perpustakaan.

Jadi sekarang kalau ke Bali, kamu jangan cuma mengunjungi pantainya saja ya. Karena ada tempat wisata islam di Bali  yang enggak kalah cantik untuk dikunjungi. Selamat berkunjung!

Tempat Wisata Islam di Bali (via Foursquare)